Header Kanan

Kembali ke Viva - Mercury [Back to Mocin]

Bismillah,
Bulan 8 tahun 2013 kemarin hingga sekitar 2 tahun kemudian (sekitar bulan 5 tahun 2015) saya menggunakan motor Honda Spacy sebagaimana yang pernah saya tulis singkat di posting ini, tetapi setelah itu kembali lagi menggunakan motor cina VIVA Mercury yang sebelumnya saya gunakan yang cerita tentang keanehannya di masa lampau - tahun 2011 - ada di sini :).

Setelah kurang lebih 2 tahun menggunakan motor ini lagi (dari tahun 2015 sampai 2017), saya akan kembali bercerita beberapa hal tentang motor ini dan juga [mungkin] tips untuk sobat pembaca tentang perawatan motor.

Dalam jangka waktu 2 tahun tersebut (ketika saya menggunakan Spacy) Mercury jarang sekali digunakan, cuma sesekali kalau motor yang biasa digunakan keluarga kami macet baru saya atau ayah mengecek dan menggunakan motor ini. Dilihat dari bodynya motor ini masih oke seperti baru karena sebelum menggunakan Spacy saya tidak pernah membrondoli atau mengotak-atik motor ini jaddi terlihat masih Jreng! Hanya saja diawal menggunakan motor ini dipertengahan tahun 2015 kemarin ada hal yang cukup mengganggu, yaitu mesinnya agak blebek jika agak kencang (sekitar kecepatan 60km/jam - ke atas) dan itu berlangsung agak lama karena sudah saya coba membersihi dan menyetel karburator bersama ayah beberapa kali tetapi tetap saja tidak ada perubahan. Sampai entah beberapa minggu atau bulan berlalu saya masukkan motor itu ke rumah sakit, ups *ke bengkel motor* dan sambil mengamati montir membersihkan karburator beberapa menit dan setelah selesai saya coba hasilnya sangat memuaskan - alhamdulillah - sampai hari ini tidak lagi mblebek seperti sebelumnya.

Dan berikut ini adalah penampilan Mercury saat ini:
Motor cina VIVA mercury - KINI tahun 2017
Motor cina VIVA mercury - KINI tahun 2017

Mungkin sobat akan bergumam, "Loh kok jadi semakin mirip dengan Yamaha Jupiter? dan strip depan kok Yamaha Jupiter Z?". Yups, jika sobat tahu di tahun 2011 kemarin motor ini masih belum banyak perubahhan dari aslinya yaitu strip depan biasa dan belum ada box tengah, untuk box tengah sudah saya tambahkan entah tahun 2015 atau 2016 saya lupa karena ketika browsing barang-barang online saya menemukan box tengah atau centre box yang menurut saya lebih ringkas dan lebih murah dari Box belakang maupun box samping maka alhamdulillah saya membeli box tersebut untuk tempat jas hujan yang saat ini selain 2 buah jas hujan juga ada pompa injak dan kanebo di dalamnya (meski tak besar tapi cukup banyak isinya), dan ini bisa menjadi pilihan untuk sobat yang punya motor jenis bebek dan suka bepergian jauh atau ingin membawa jas hujan ke mana pun tanpa perlu ditaruh di tas atau tas kresek dan lain-lain - untuk harganya kalau tidak salah waktu itu 250rb-an.

Lanjut kepada "Ada apa dengan strip Mercury?" hal itu karena penggantian sayap depan kiri-kanan motor... karena beberapa waktu lalu di awal Februari 2017 saya yang membonceng istri dan adik saya mengalami kecelakaan ringan yang alhamdulillah tidak ada yang luka kecuali adik saya kena knalpot bagian paha sedangkan motor rusak bagian sayap kanan karena tertabrak orang yang menerjang lampu merah di sebuah pertigaan, yang alhamdulillah orang tersebut mau memberi uang ganti untuk mengobati luka adik saya dan juga untuk membeli sayap motor tersebut dan besok atau lusa setelah kejadian tersebut saya mencari-cari sayap bekas di pasar dan alhamdulillah mendapatkan yang cukup bagus setelah mampir ke beberapa penjual sparepart motor bekas.

Orang yang menerjang lampu merah tersebut mengaku sedang terburu-buru dan kelelahan setelah perjalanan panjang dari Surabaya mau pulang ke Tulungagung (kalau tidak salah ingat seperti itu), dari kejadian tersebut kita dapat mengambil beberapa hikmahnya:
  1. Jika lelah berkendara segeralah istirahat, carilah tempat umum yang dapat digunakan untuk istirahat misalkan Musholla atau Masjid. Baik istirahat untuk sekedar duduk-duduk, cuci muka, buang air kecil, atau tidur sejenak agar tubuh kembali fresh.
  2. Jangan terburu-buru, kalaupun terburu-buru tetap harus berhati-hati dan juga jangan sampai melanggar rambu-rambu lalu lintas - semoga saya dan sobat bisa melaksanakanya - :).
  3. Ketika di lampu merah, jika Anda menaiki sepeda motor dan berada di sebelah kanan mobil jangan terburu menancap gas walaupun sudah lampu hijau, tunggu beberapa detik setelah lampu hijau, dan usahakan lebih baik jangan di sebelah kanan mobil jika di lampu merah.
  4. Dan hikmah lain yang semoga kita dapat mengambil pelajaran darinya, aamiiin.
Sekian coretan saya kali ini, semoga ada yang dapat diambil manfaatnya.

Posting Komentar

0 Komentar