Header Kanan

Tutorial : Setting hotspot portable Galaxy Young (GT-S6360)

Bismillah,
Melanjutkan tutorial pembahasan handphone Android mungil yang saya bilang cukup hebat pada posting sebelumnya [lihat posting cara screenshot layar Galaxy Young], di tulisan kali ini saya akan memberikan tutorial cara setting hingga sukses menyalakan hotspot portable atau yang juga disebut wifi tethering. Dimana fasilitas ini sangat bermanfaat untuk kita, karena dengan fasilitas ini kita bisa sharing koneksi internet ataupun dokumen dengan beberapa aplikasi dan pengaturan tambahan. Namun di kesempatan kali ini saya hanya akan membahas untuk setting dan sampai menghidupkan hotspot portable pada perangkat Galaxy Young sobat. Sedangkan untuk mengkoneksikannya ke komputer saya kira sobat sudah bisa, atau jika belum bisa dapat dicari di mbah google :-).

Pada tutorial bergambar ini saya menggunakan handphone dengan pengaturan bahasa Indonesia, sedangkan untuk yang berbahasa inggris Anda bisa mengubahnya atau tidak perlu mengubahnya karena pada intinya sama :-). Oke, langsung saja ya pada langkah-langkah untuk setting hotspot portable/ wifi tethering Galaxy Young, berikut ini adalah langkah-langkahnya:


  1. Langkah pertama silahkan menuju menu setting atau "Pengaturan", sehingga akan muncul menu-menu seperti berikut:
    Menu-menu pengaturan galaxy young - karyafikri.blogspot.com
    Menu-menu pengaturan galaxy young
  2. Lalu silahkan pilih "Nirkabel dan jaringan", maka akan tampil menu seperti berikut:
    menu pengaturan nirkabel dan jaringan galaxy young - karyafikri.blogspot.com
    menu pengaturan nirkabel dan jaringan galaxy young
  3. Selanjutnya pada menu pengaturan nirkabel dan jaringan tersebut silahkan tap/ pilih menu "Tethering dan portable hotspot", maka akan muncul menu seperti berikut:
    menu tethering dan portable hotspot galaxy young - karyafikri.blogspot.com
    menu pengaturan Tethring dan portable hotspot
  4. Lalu silahkan pilih "Pengaturan hotspot Wi-fi Portable". Maka akan tampil menu seperti berikut:
    menu pengaturan Tethring dan portable hotspot galaxy young - karyafikri.blogspot.com
    menu pengaturan Tethring dan portable hotspot
  5. Sebelum menyalakan hotspot portable, Anda harus mengaturnya terlebih dahulu. Namun pengaturan ini tidak harus dilakukan setiap kali akan menyalakannya karena pengaturan ini tersiampan setelah Anda melakukan pengaturan. Kecuali jika Anda ingin mengubahnya sebelum menyalakannya agar berbeda dari pengaturan sebelumnya. Nah berikut adalah cara untuk mengatur nama hotspot portable (SSID) dan password Anda:
    - Pilih "Konfigurasi hotspot Wi-Fi Portable", maka akan muncul menu seperti berikut:
    konfigurasi wifi portable galaxy young - karyafikri.blogspot.com
    konfigurasi wifi portable galaxy young
    catatan:
    Pada "SSID jaringan" silahkan tuliskan nama hotspot portable Anda, lalu pada menu "Pengamanan" silahkan tap lalu akan muncul 2 pilihan yaitu Open atau WPA2 PSK. Jika Anda tidak membutuhkan proteksi hotspot Anda dengan password maka silahkan pilih Open, namun jika Anda memerlukannya silahkan pilih WPA2 PSK.

    - Untuk tutorial di sini saya memberikan contoh dengan pengamanan WPA2 PSK, maka silahkan pilih WPA2 PSK, maka akan muncul form pasword seperti berikut:
    pengaturan hotspot wifi portable dengan pasword, galaxy young - karyafikri.blogspot.com
    pengaturan hotspot wifi portable dengan pasword
    catatan:Pada "Kata sandi" silahkan tuliskan password Anda. Lalu tap Simpan.
  6. Setelah Anda berhasil mengkonfigurasi hotspot portable, langkah terakhir adalah menyalakannya. Yaitu dengan memberi centang pada "Hotspot wifi portable" dengan cara tap sekali pada menu tersebut, berikut screenshotnya:
    aktifkan hotspot portable galaxy young berhasil - karyafikri.blogspot.com
    aktifkan hotspot portable galaxy young berhasil
Alhamdulillah, akhirnya Anda berhasil mengaktifkan hotspot portable atau wifi tethering untuk perangkat android Anda. :-). Untuk tanda bahwa hotspot portable sudah aktif adalah pada notification area ada icon wifi berwarna biru seperti pada gambar di atas.

Sekian tutorial bergambar kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar