Header Kanan

NetWorx - Software gratis untuk memantau penggunaan bandwidth

Bismillah,
Free Bandwidth Monitoring and Usage Reporting
sumber gambar :
www.softperfect.com
Nama Software : NetWorx
Ukuran file : 3.02 MB
Gender : Internet - Utility
Lisensi : Freeware (Software gratis)
Versi terakhir : 5.2.6 (21 November 2012)
Developer : SoftPerfect
Situs : www.softperfect.com


Pertama tahu software semacam ini, dulu saya menyebutnya software yang digunakan untuk memantau kecepatan upload dan download [lihat posting]. Namun sebenarnya lebih dari itu, software seperti ini tidak hanya untuk melihat kecepatan upload dan download, namun tepatnya adalah software yang berfungsi untuk memantau penggunaan bandwidth dari waktu kewaktu.

Pada posting tersebut saya mereview software yang bernama NetMetter, yang kurang lebih hampir sama dengan NetWorx pada masa itu. Dan sekarang saya sudah tidak tahu kabar NetMetter karena saya beralih menggunakan NetWorx, dan di versi terbarunya NetWorx mengadakan penambahan tampilan dan penambahan beberapa fasilitas yang manarik. Oke langsung saja mulai pada inti yups!

tampilan standar NetWorx sekarang (dan juga sebelumnya)
Tampilan standar NetWorx
Di samping kiri tulisan ini adalah screenshot tampilan standar NetWorx dari dulu sampai sekarang, bedanya untuk saat ini ada tampilan baru yang lebih simpel. Karena ikut pada taskbar windows 7, jadi tidak akan mengganggu atau menciptakan pemandangan tidak sedap saat software tersebut dibuat on-top pada saat tampilan mode standarnya (hyaa, maaf bahasa saya kacau). Dan dengan penambahan feature tersebut, selain menjadi tampil simpel, tidak mengganggu, juga tampil sebagai software profesional :).

Setelah menginstall NetWorx, untuk mengaktifkan tampilan baru tersebut (agar menyatu dengan taskbar windows 7) sobat hanya perlu klik kanan pada taskbar, lalu klik "NetWorx Desk Band", seperti gambar di bawah ini :

mengaktifkan fitur baru NetWorx
Cara mengaktifkan tampilan baru NetWorx

Lalu sobat akan dapat melihat di sebalh kiri icon tray taskbar sobat, seperti di bawah ini :
screenshot Networx menyatu dengan taskbar windows 7
Bagus tak? bagus lah... :-p

STATISTIK PENGGUNAAN
Oh iya, NetWorx sudah support bahasa Indonesia lho :), walau mungkin ada beberapa sobat yang tetap suka memakai bahasa Inggris karena tidak terbiasa atau malah bingung ketika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Oke lanjut, Untuk melihat statistik lengkap penggunaan bandwidth internet sobat, silahkan klik kanan pada grafik yang ada di taskbar sobat lalu klik "Statistik Penggunaan" (jika dalam bahasa Indonesia). Seperti pada gambar di bawah ini :
menampilkan statistik penggunaan bandwidth internet
Cara menampilkan statistik penggunaan bandwidth

Maka akan muncul jendela mungil baru yang menampilkan data upload dan download serta durasi online sobat di hari ini dan sejak pertama sobat menggunakan software ini. Selain itu sobat juga dapat memantau penggunaan bandwidth internet sobat dalam laporan harian, mingguan, bulanan dan lain-lain (dapat di lihat pada gambar di bawah nanti). Selain itu sobat juga dapat mengeksport atau menyimpan laporan tesebut dalam format Ms Excel, Ms Word, HTML.

statistik penggunaan bandwidth
statistik penggunaan bandwidth (klik untuk memperbesar)

MENYIMPAN STATISTIK

Laporan harian - export statistik penggunaan bandwidth
Klik gambar untuk memperbesar

Selanjutnya dan yang terakhir adalah cara menyimpan atau meng-export dalam bentuk file adalah sebagai berikut :
  1. Tentukan Pengguna (atau biarkan default - tanpa dirubah)
  2. Klik salah satu dari laporan harian, laporan mingguan, atau laporan bulanan
  3. Setelah menentukan laporan mana yang sobat ingin, klik Export
  4. Tuliskan nama file
  5. Pilih jenis file (.xls, .rtf, .html, .txt, atau .csv)
  6. Save
ISTIMEWA :
Ternyata fasilitas baru yang disebut NetWorx Desk Band tidak hanya berjalan di Windows 7, namun juga di windows XP. :).

PENUTUP
Dari banyak fitur yang dimiliki NetWorx saya hanya bisa mereview atau membahas beberapa. Maka dari itu untuk selanjutnya mungkin sobat silahkan menjelajahi sendiri atau mengutik-utiknya :). Dan maaf atas kekurangan dari posting ini, semoga tetap membantu dan bermanfaat.

Sebelum saya pamit, sisi lain yang begitu terasa manfaat dari NetWorx - dan software yang semisalnya - adalah kita dapat melihat secara langsung apakah koneksi internet kita sedang jalan atau berhenti.

Oke, sekian sobat. Sampai jumpa di posting selanjutnya InsyaALLAH. Untuk sobat yang ingin mendownload NetWorx silahkan klik gambar di bawah ini :

File dalam zip, berukuran 2.95 MB
Atau di sini.

Posting Komentar

5 Komentar

  1. malem fikri
    softwarenya pas bgt
    koneksiku suka ilang2

    BalasHapus
  2. wah di pantau ya. dulu si sering seperti itu, skarang, ah biarin aja. hehehhe. yang ingin tak pantau justru kenapa bisa putus nyambung.

    BalasHapus
  3. Dedaunan : sip lah ...

    cerita anak kost : hoho, nah itu dia sob... dengan NetWorx kita tahu lebih awal (saat koneksi berhenti) beda kalau kita tidak menggunakan software seperti ini, nunggu download berhenti atau halaman lama loading...

    nah setelah tahu tidak konek, baru kita telusuri penyebabnya :)

    BalasHapus
  4. keren dan berguna
    jgn lupa kunjungi:www.rajakaya99.blogspot.com

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.