Rabu, 29 Februari 2012

Hakiki Ainunjariah


Hakiki Ainunjariah

Dunia adalah sementara
Rumah yang berakhir jua
Pun bukan surga canda
Bagi insan yang beriman

Remaja mukalaf juga
Yang rancu hitam dan putih
Karena rasio tak lagi murni
Terbius isme-isme bak virus
Mana hitam? mana putih?
Kalut, dalam gelap tetap berjalan
Walhasil hakiki tersisih

Wahai saudara remajaku
Cobalah untuk mengerti
Belajar arti hakiki
Bukan menikmati darulfana
Karena darulbaka menanti
Menunggumu di sisi
Di dalamnya terdapat ainunjariah
Setiap orang menyebutnya daruljalal
Nan penuh keindahan dan kemuliaan

Tegarlah sejenak
Menyusuri gelap dengan cahaya
Jadilah dian di dalam pekat
Sinar bagi yang terikat

29 Februari 2012
Oleh : Fikri si Pemimpi

Puisi Lempar Kata Fikri Si Pemimpi - Usup Supriyadi kata yang dilempar adalah "Ainunjariah", "Gelap", "Mukalaf" dan "Rumah". Kemudian saya akan melemparkan kata kepada mas Usup Supriyadi, yaitu kata "Rindu", "Sirna",  "Bahagia" dan "Surga". Maaf jika ada kesalahan kata. Mohon kritik dan saran. Selamat menulis kak.

Selasa, 28 Februari 2012

Materi - Lari Sambung (estafet)


Lari sambung(-menyambung) adalah cabang dari olahraga atletik ber-regu, yang terdiri dari empat orang, sehingga diperlukan kerjasama yang baik antar pemain. Terutama dalam pemberian dan penerimaan tongkat dari mulai (start) sampai melewati garis finish. Lari estafet sering juga disebut dengan lari beranting. Lari estafet yang sering diperlombakan adalah 4 x 100 meter dan 4 x 400 meter.

Tongkat yang dipergunakan dalam lari sambung terbuat dari kayu atau aluminium dan harus berongga (berlubang), dengan permukaan licin atau halus. Dengan ukuran sebagai berikut :

. Panjang tongkat adalah 28 sampai 30 cm
. Keliling tongkat adalah 12 cm
. Berat tongkat adalah 50 gram

Cara melakukan start
  • Pelari pertama menggunakan start jongkok
  • Pelari II, III, IV menggunakan start melayang (start yang dilakukan dengan lari kecil)

Beberapa teknik dalam lari estafet yang harus dipelajari oleh atletik pelari lari sambung ini adalah :
  1. Teknik memegang tongkat ketika melakukan start
  2. Teknik memegang tongkat ketika akan memberikan tongkat
  3. Teknik memberikan tongkat
  4. Teknik menerima tongkat
  5. Daerah pergantian tongkat (daerah wissei)
  6. Teknik pergantian tongkat

Sumber :
LKS Penjas OrKes SMA – XI-B Semester 2

Senin, 27 Februari 2012

Award Golden Best Friend [9]

Award persahabatan memanglah tidak asing bagi para blogger, dan akan selalu menjadi kebahagiaan dan kebanggaan tersendiri bagi para blogmaster. Dan kali ini, blog Fikri si Pemimpi mendapat award yang ke sembilan, yang berjudul "Golden Best Friend". Semoga dengan award ini menambah semangat saya untuk saling berkunjung dan juga aktifitas blogging. Dan berikut ini adalah gambarnya :


Award tersebut kebetulan sama nama "Fikri" namun tepatnya yaitu dari sahabat ALFIKRI. Terimakasih sobat atas awardnya. 

Salam semangat blogging
dan juga semoga sukses

Minggu, 26 Februari 2012

Puisi : Jelapang Negeri Ini


Jelapang Negeri Ini

Berorientasi ke depan
Memang sebuah keharusan
Namun, bukankah terlalu birang?
Koyakkan martabat bangsa

Biarlah jelapang negeri ini kosong
Asal tak lapar dan jalang
Tanpa ulur martabat bangsa

Sederhana bukanlah nista
Bahkan keindahan dan kerinduan
Agar negara ini aman sentosa

Jepang
Sebuah contoh peribudi
Tak akan biarkan orang menjadi jalang
Dan tak akan biarkan orang menjadi bebal
Meski dengan kesederhanaan

Biarlah jelapang negeri ini kosong
Asal martabat berdiri tegar
Kokoh tak tergoyahkan
Di penjuru dunia
Siang dan malam

26 Februari 2012
By : Fikri si Pemimpi

Puisi Lempar Kata Fikri si Pemimpi - Usup Supriyadi kata yang dilempar adalah "Jepang", "Jelapang" dan "Birang". Kemudian saya akan melemparkan kata kepada mas Usup Supriyadi, yaitu kata "Abadi", "Sirna", dan "Fana". Maaf jika dalam puisi ini ada yang salah, untuk kak Usup harap kesan, kritik dan saran di komentar. Dan tentu untuk sobat semua pembaca puisi ini, mohon komentarnya dan bebaskan untuk mengkritik, saran dan kesan.

Sabtu, 25 Februari 2012

Cahaya di tengah kegelapan

Akhirnya kurasakan
Segala hal yang sangat perih
Akhirnya semua telah hilang
Tanpa harapan ku melangkah

Berjalan dalam gelapnya sang malam
Tanpa mentari
Tanpa bintang
Tanpa bulan
Dan tanpa harapan
Sendiri merasakan nikmatnya dingin
Di bawah ribuan tetes air hujan
Hanya bisa tersenyum dan tertawa
Dalam suhu yang membunuhku

Dan hanya bisa menunggu,,,
Menunggu goresan langit
Yang menemaniku Sedikit demi Sedetik
Bersama merdu suara petir

Yang menaburkan
Sedikit "cahaya di tengah kegelapan"

Sebuah perjalan panjang



Oleh : Bilal (terlalu-gila.blogspot.com)


Puisi di atas adalah kiriman dari sobat blogger yang unik, yaitu sahabat Bilal. Puisinya bagus sekali. Semoga tegar dan tetap bersemangat, menjalani liku hidup yang tajam. Dan terimakasih sobat.

Jumat, 24 Februari 2012

Diterima Google Adsense

Bismillah,
Dapatkan uang dolar dengan online dan browsing
Alhamdulillah, akhirnya kabar yang ditungg-tunggu telah terjawab dan dengan hasil yang sesuai dengan harapan. Yaitu blog Fikri si Pemimpi telah diterima di jaringan iklan Google Adsense, ya sebagai publisher :-). Dan merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya untuk diterima dan dapat memasang iklan Google Adsense di blog yang berbasis personal ini.

Dulu, sebelum Google Adsense menerima (support) bahasa Indonesia saya pernah mendaftarkan blog ini tanpa memasang artikel bahasa Inggris sedikitpun dan dengan modal isi blog yang terlalu acak-acakan dan mungkin tidak bermutu. Dan tentu saja hasilnya dapat diperkirakan, yaitu DITOLAK dan dipersilahkan mendaftar lagi (tentunya setelah membenahi kualitas blog).

Dan setelah Google Adsense support bahasa Indonesia di hati ada rasa senang dan juga biasa atau tidak senang dan tidak sedih :-D. Tapi akhirnya saya berpikir dan ingin mencoba untuk mendaftar lagi (pikir saya kan sudah support bahasa Indonesia). Pastinya persentase untuk diterima bertambah dari sebelumnya.

Kemudian saya mencoba mendaftar, dan ternyata di sana tidak ada bahasa Indonesia. Alhasil, saya bingung bukan main. Katanya sudah support bahasa Indonesia tapi kok tidak ada bahasa Indonesianya? Kemudian saya bertanya-tanya kepada teman-teman blogging dan juga chat di bisnis online pinggiran :-) guna bertanya tentang hal tersebut berdasarkan pengalaman mereka. Dan mereka semua berkata bahwa bahasa Indonesia telah ada, ya memang ada katanya. Dan kemudian saya bingung, saya mencari berkali-kali tidak menemukan. Dan akhirnya saya berpikir untuk mencoba mendaftar dengan email lain (yang belum pernah didaftarkan google adsense), dan hasilnya beda! Dengan tujuan yang sama namun formulir telah beda, ya di sana ada bahasa "Indonesia" nongkrong dengan keren sekali dan membuat saya senang. Namun saya tidak tenang di situ dan tidak langsung mendaftar, karena dengan email yang berbeda tentu membuat saya bingung, jadi saya mencoba lagi mendaftar dengan email yang lama. Dan hasilnya tetap seperti yang tadi.

Namun, akhir cerita saya membulatkan tekat untuk mendaftar dengan email yang lama. Dan berpikir "Katanya sudah support bahasa Indonesia, tapi bahasa Indonesianya di sini tidak ada ini pasti karena dulu email ini pernah saya daftarkan dan ditolak. Jadi apa salahnya untuk mencoba lagi, toh pasti para pe-review blog tahu bahwa sebenarnya saya ingin memilih bahasa Indonesia tapi tidak ada. Kan sudah support bahasa Indonesia masak langsung ditolak?" haha pikirku. Dan akhirnya setelah mengisi formulir pendaftaran saya mendapatkan email pemberitahuan bahwa "Surat Lamaran" telah diterima dan silahkan untuk memasang kode iklan di blog saya, namun belum diterima penuh karena harus melalui masa review oleh tim google adsense untuk menentukan apakah blog "pantas" atau "tidak pantas" mendapatkan google adsense, dan waktu tersebut tertuliskan 4 hari kerja.

Setelah membaca email tersebut, saya menuju dashboard google adsense untuk memasang kode iklan di blog saya. Ya, seperti yang dikatakan bahwa "area iklan akan putih" atau "blank" sama seperti tema blog, dan selama berhari-hari area kosong di sidebar blog saya terlihat jelas :-). Hari demi hari berlalu, tak terasa 4 hari terlampau, seminggu, seminggu lebih.... dan.... sekitar dua minggu telah berlalu.

Saya selalu memantau email, entah itu inbox ataupun spam yang masuk untuk waspada adakah berita dari google adsense Namun tidak ada juga, dan akhirnya pada hari ini (24 Februari 2012) tepat 14 hari -dua minggu- saya melihat ada yang berbeda di sidebar blog saya ketika mengunjungi blog untuk melihat komentar para sobat. Dan ternyata itu adalah iklan google adsense telah muncul, di sana sudah tidak putih kosong lagi. Alhamdulillah, senangnya hatiku saat mengetahuinya dan sampai saat ini saya masih senang bukan main :-). Yups, tapi ini bukanlah akhir perjuangan, bahkan ini masih awal perjuangan saya :_).

Ketika saya melihat iklan itu sudah muncul, saya masih bingung. Sebelumnya di email tidak ada laporan bahwa "Lamaran" telah diterima di Google Adsense. Dan saya memastikan lagi, membuka email dan mengecek dengan hati-hati di inbox dan spam  dan lagi ternyata benar tidak ada yang terlewatkan bahwa tidak ada email dari google adsense tentang berita ini. Dan saya berkesimpulan bahwa kalau diterima google adsense apakah dengan secara diam? hanya menampilkan iklan saja, atau masih menulis surat "Penerimaan Lamaran" hahaha, entah ya. Tapi yang pasti kalau ditolak langsung ada email, karena tidak mungkin iklannya muncul :-D.

Wah tidak terasa ya ternyata tulisan saya ini banyak sekali, ngelantur kesana kemari, inilah tanda bahwa saya sangat senang dan terlalu senang untuk mendapatkan apa yang disebut google adsense. Dan saya masih kurang tahu tentang hal tersebut maka di tulisan ini pasti dan tentu terlihat istilah-istilah yang aneh bagi para blogger ataupun webmaster karena bahasa yang saya tulis adalah bahasa yang tidak umum dipakai. Maka dari itu saya membutuhkan banyak pelajaran dan pelajaran dan juga pelajaran lagi dari para sobat yang telah mengetahui dan berpengalaman dalam bidang ini :-).

By the way, saya online tadi pagi sudah sekitar jam 8 lebih, dan melihat itu juga langsung melotot mata saya dan hati terasa senang, bagai terbang. huft lebay. Kemudian saya melihat buku tamu, di sana sudah ada sahabat yang selalu setia mengunjungi dan mensupport blog ini setiap ada waktu luang (wah hampir setiap waktu, setiap hari) yaitu sobat Jejak Puisi. Di sana beliau berkata "kunjungan pagi sob... mantap, akhirnya GA-ny dah muncul y sob... sukses selalu... ;)" dan langsung saya membalas dengan senang hati serta melihat jam kunjungan sobat Jejak Puisi di blog ini, ternyata masih terlalu pagi dan sangat pagi yaitu jam 04.07. Jadi? entah ya jam berapa yang penting adalah saya senang dan saya bersyukur atas berita bahagia ini. Berikut ini screenshot-nya :

Klik gambar untuk memperbesar.


Dan akhirnya, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh sobat yang telah berkunjung, berkomentar, blogwaking, mendukung atau mensupport selalu blog coretan saya ini :-).

Semoga sobat sukses selalu.
Dan tetap semangat blogging.

Puisi : Cahaya di tengah kegelapan

Aku ingin bermimpi
Karena semangatku melemah
Dan kataku tak terarah

Mungkin dengan sejenak bermimpi
Aku bisa kembali seperti tadi
Sebelum semangatku pergi

Aku ingin bermimpi dian
Dalam gelap yang pekat
Yang bersinar anggun
Cahayanya memikat
Untuk hati yang gelap

Aku merindumu dian
Masihkah kau bersinar?
Aku tak bisa menangkap dengan pasti
Terlalu gelap ruang ini
Namun, ada setitik cahaya putih
Mungkinkah itu kau?
Yang selalu menjadi sinar hati

Dian
Jangan pernah lelah
Sinari gelapnya dunia
Dan memberi arti di sanubari

Oh dian
Terlalu rindu aku padamu
Namun akulah pekat
Dan kaulah cahaya
Tapi, aku ingin cahaya
Benar aku merinduimu
Di setiap detikku

Dian,
Ini surat dari hatiku
Untuk merayumu
Agar kau tetap tinggal
Di dalam ruang gelap ini
Dan bertahan, sampai akhir cerita

Dian,
Kisahmu adalah cahaya
Yang miliki gelora sinari gulita
Tak akan pernah sirna
Sampai ujung lelah

Dian,
Teruslah bertahan
Hingga kisah ini berakhir dengan sempurna
Walau nanti penuh linangan airmata
Bahagia ataupun luka

Dian,
Aku titip rindu
Untuk semangatmu
Yang bersemayam indah di kalbu

Aku, gelap yang merinduimu


24 Februari 2012

Semoga ini bukan puisi yang paling menyedihkan seperti yang sobat harapkan. Karena saya yakin ini bukan menyedihkan atau terlalu menyedihkan. Hanya saja ini sebuah kisah secercah cahaya dalam kegelapan :-). Semoga bisa melunasi hutangku kepada sobat Bil (terlalu-gila.blogspot.com), yang telah memesan puisi berjudul "Cahaya di tengah kegelapan". Sebenarnya saya ingin membuat tiga puisi dengan judul seperti yang sobat minta. Tapi sepertinya hanya ini yang bisa saya buat, dan tenang dua kata yang lain ada di dalam puisi ini. Oke sobat? tidak apa-apa ya? Terimakasih atas request-nya.

Kamis, 23 Februari 2012

Coretan Fikri : Asa dan Cita

Asa : "Hai Cita, masih ingat aku gak?"
Cita : "Masih, mana mungkin aku lupa kamu"
Asa : "Masak gak bisa lupa? Tapi kenapa kamu gak pernah hubungi aku?"
Cita : "Maaf, takut ganggu saja."
Asa : "Oh begitu, ku kira kamu benar-benar lupa sama aku."
Cita : "Tidak mungkin, kau 'Asa'ku"
Asa : "Gak percaya. Kamu dingin!"
Cita : "Entah, gak percaya ya udah"
Asa : "Huft. Dasar gak punya hati"
Cita : "Hatiku bahkan untukmu"
Asa : "Mana mungkin? Kamu gak pernah hubungi aku!"
Cita : "Bagaimana bisa menghubungimu?"
Asa : "Entah, bagaimana caranya seharusnya kamu bisa menghubungiku."
Cita : "Maaf"
Asa : "Kamu tetap seperti itu, gak ada bedanya. Gak pernah berubah"

Cita adalah rasa atau perasaan hati yang memiliki rasa tetapi dia sedikit cuek dan kurang bersemangat, entah suka ataupun duka dia pendam sendiri namun hanya Asa yang tahu itu.

Asa adalah harapan atau semangat, ia memiliki semangat tinggi untuk menggapai Cita. Sama halnya Cita, dia memendam rasanya sendiri dan yang tahu hanya Cita, namun bedanya dia tidak cuek bahkan perhatian.

Asa & Cita. Adalah dua rasa yang akan indah jika disatukan. Maybe.

Asa dan Cita (bagian 2)

Referensi :
KBBI - Kamus Besar Bahasa Indonesia

Ebook gratis - mengulas & mengkomparasi bisnis online

Alhamdulillah, akhirnya ebook ini telah selesai setelah saya mengerjakannya (ya, kalau tidak dikerjakan tidak akan selesai) hadeh kumat lagi nih tulisannya maaf, kena virus sobat blogger yang sangat gila yaitu terlalu-gila.blogspot.com. Ya, namun dialah sobat yang telah meng-inspirasi saya untuk membuat e-book ini. Terimakasih sobat :-). Dan semoga saja ebook ini dapat bermanfaat bagi sobat Bil (terlalu-gila.blogspot.com) khususnya, dan tentu juga untuk sobat lain yang ingin mencoba atau belajar bisnis online gratis atau bisnisnya orang pinggiran seperti saya.

Oke sobat, berikut ini adalah garis besar dari isi ebook tersebut :
  • Mengulas atau mereview bisnis online gratis
  • Mengkomparasi atau membandingkan antar bisnis dalam satu jenis
  • Berisi beberapa jenis bisnis (PTT, Chat, PTR, CPM, dan terakhir adalah PTC)
  • Terakhir di halaman saya memberikan bonus ++ (campuran)
Sekian saja ya posting kali ini, karena kata saya sudah habis untuk menulis di ebook itu sedari kemarin-kemarin :-) hahaha. Dan saya minta maaf kepada semua sobat pengunjung yang telah mengunjungi, membaca, bertamu atau meninggalkan jejak di blog saya ini. Saya minta maaf baru bisa menulis dan membalas kunjungan (dan kunjungan sesi kedua akan saya laksanakan setelah posting ebook ini). Silahkan klik gambar di bawah ini untuk download :

Download
Ukuran File : 912 Kb - Via 4shared
Link download alternatif (jika yang di atas tidak bisa). KLIK DI SINI.

Semoga bermanfaat.

Minggu, 19 Februari 2012

Hosting Gratis Indonesia

Layanan hosting gratis begitu banyak bertebaran di dunia maya, internet, dan hal ini tidaklah asing bagi para webmaster berpengalaman. Pada posting kali ini saya akan menuliskan sedikit review tentang Hosting Gratis Indonesia yang baru saja diluncurkan, yaitu Idhostinger.com.

Sebelumnya, apakah manfaat atau kegunaan hosting gratis?
Hosting gratis sangat bermanfaat bagi pemula maupun webmaster berpengalaman dalam rangka mempubliskan (mengonlinekan) situsnya, entah selanjutnya hanya untuk percobaan atau digunakan sebagai situs utama. Namun bagi para pemula seperti saya, hosting gratis (khususnya idhostinger.com) sangatlah cukup untuk belajar membuat situs atau blog gratis yang berdiri sendiri (self hosted).

Oke, langsung saja. Cara daftar di idhostinger.com :
  1. Klik di sini untuk menuju situsnya
  2. Klik Order Sekarang!
  3. Isi formulir pendaftaran dengan data yang benar
  4. Centang "Saya setuju dengan Ketentuan Penggunaan Layanan"
  5. Klik Buat Akun


Fasilitas yang ditawarkan idhostinger.com :
  1. Support PHP dan MySQL
  2. Tanpa iklan (bebas iklan teks, pop-up, banner yang mengganggu)
  3. Support CMS auto installer (Wordpress, Joomla, forum, dan lain-lain)
  4. Website builder yang mudah digunakan
  5. Space 2 Gb dengan Bandwidth 100GB



Demikian yang dapat saya tuliskan, untuk Anda yang ingin mendaftar silahkan mengikuti langkah-langkah cara mendaftar di atas. Atau klik banner di bawah ini :

Hosting Gratis

Semoga bermanfaat dan semoga sukses.

Update :
Jika Anda perlu tutorial lebih rinci tentang cara daftar silahkan klik di sini untuk melihat video tutorial bahasa Indonesia cara daftar.
Untuk tutorial cara setting domain gratis dot.tk dan hosting gratis idhostinger silahkan klik di sini.

Award Sahabat Blogger [8]

Lagi, mendapatkan award persahabatan dari sahabat blogger. Tidak menyangka akan mendapatkan award lagi. Dan saya sangat senang lagi dan lagi ^_^. Award "Sahabat Blogger" ini adalah award ke delapan blog Fikri si Pemimpi. Dan terimakasih kepada sobat Fokus Kita yang telah berbagi award kepada saya. Dengan adanya award ini semoga saya akan lebih dan lebih semangat untuk bisa memberikan yang bermanfaat bagi sahabat blogger dan semangat untuk menjalin tali persahabatan antar sahabat blogger.

Baiklah, tak perlu banyak kata lagi. Dan berikut ini adalah award tersebut :


Mantap ya sob awardnya? hehe
Oke sobat, hanya sekian posting saya kali ini. Dan terimakasih sekali lagi untuk sobat http://fokus-kita.blogspot.com. Salam semangat blogging, dan semoga sukses untuk sahabat blogger semuanya.

Kamis, 16 Februari 2012

ColorUtility - Software kode warna

ColorUtility - Software kecil, ringan dan portable yang sangat bermanfaat untuk sobat-sobat webmaster atau blogger yang suka utik-utik blognya dengan warna-warni. Karena dengan software ini sobat bisa mendapatkan kode warna dan juga belajar menghafal atau memahami kode warna yang ada :-).
  • RGB dan HSV
  • ColorPicker yang dapat digunakan untuk mengambil warna di mana saja
  • Gratis 100%
  • Nikmatilah kebebasan dan manfaat dari software mungil ini :-)
Mungkin masih ada beberapa fasilitas yang tidak saya tuliskan, namun untuk mengeceknya silahkan sobat download dan mencobanya, klik tombol download di bawah ini :

Download
Ukuran File : 166 Kb

Semoga bermanfaat.

Selasa, 14 Februari 2012

Pengertian Bioteknologi

Bioteknologi adalah cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang teknologi yang bersangkutan dengan jasad hidup untuk menghasilkan barang/ jasa demi memenuhi kebutuhan manusia.

Manfaat bioteknologi :
  1. Meningkatkan kualitas pangan
  2. Menghasilkan obat-obatan
  3. Mengendalikan hama
  4. Menghasilkan energi
  5. Menghasilkan asam amino
  6. Rekayasa genetik
  7. Manfaat pertambangan
  8. Mengendalikan pencemaran
  9. Dan lain-lain

Referensi :
Catatan IPA Terapan SMA kelas X

Award Persahabatan dari JejakPuisi.com [7]

Bismillah,

Saya tidak tahu mau menuliskan apa di sini, tapi yang pasti adalah rasa senang dan juga menyenangkan hati :-). Ya, saya mendapatkan award bergilir dari sahabat sebelah, yaitu dari jejakpuisi yang selalu menghiasi hari-hari dengan berbagi kepada penulis puisi, menyediakan ruang untuk menulis puisi dan juga ber-akrab ria bersama. Dan saya minta maaf sebelumnya kepada sahabat jejakpuisi.com karena telat-nya mengambil award dari sobat (telat 4 hari, jangan dihukum ya sobat). Dan berikut ini adalah award ke tujuh yang saya dapatkan  tersebut :


Demikian yang dapat saya tuliskan kali ini sobat, dan terimakasih kepada sobat-sobat semua yang bersedia mengunjungi saya dan menjalin persahabatan antara blogger. Terimakasih spesial kepada admin jejakpuisi.com :-).

Salam semangat blogger
Dan semoga sukses sobat semuanya

Jumat, 10 Februari 2012

[materi] Pengertian Antropologi

Antropologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu :
Antropos yang artinya Manusia dan Logosadalah ilmu. Jadi Antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia, baik bentuk tubuh, warna kulit, kepribadian, masyarakat dan kebudayaanya.

Antropologi dibagi menjadi dua, yaitu :
  1. Antropologi Fisik
Antropologi fisik atau ragawi adalah suatu kajian antropologi yang menyelidiki manusia dari sudut jasmaninya. Kajian ini memiliki kaitan dengan bidang ilmu biologi karena berkenaan dengan manusia sebagai makhluk yang mempunyai asal-usulnya, perkembangan organik, struktur, serta kelompoknya (ras).

Dan antropologi fisik ini terpecah menjadi 6 kajian utama, antara lain :
  1. Paleantropologi primat, yaitu suatu ilmu yang mempelajari tentang manusia yang sudah tidak ada lagi (hidup) di dunia ini/ tentang makhluk yang masih ada kaitannya dengan manusia. (ini merujuk kepada, catatan dari saya : guru yang bijak kadang mengutarakan pendapatnya bahwa beliau tidak setuju dengan teori tersebut dengan berbagai alasan yang logis).
  2. Evolusi manusia, yaitu ilmu yang mempelajari perkembangan tipe manusia yang dimulai dari makhluk bukan manusia (ini merujuk kepada, catatan dari saya : guru yang bijak kadang mengutarakan pendapatnya bahwa beliau tidak setuju dengan teori tersebut dengan berbagai alasan yang logis).
  3. Antometri, yaitu studi tentang teknik pengukuran tubuh manusia.
  4. Somatologi, yaitu ilmu yang menelaah tentang variasi / keanekaragaman ras manusia melalui ciri-ciri tubuh manusia.
  5. Antropologi Rasial, yaitu ilmu yang mempelajari penggolongan manusia dan kelompoknya, sejarah ras, dan percampuran diantara masing-masing ras. (ngomong-ngomong jangan membeda-bedakan ras ya :-) dan pelajaran ini hanya untuk mempelajarinya. Bahkan ingatlah kita tercipta untuk saling mengenal)
  6. Studi tentang perbandingan dan pertumbuhan organik dan antropologi konstitusional. Yaitu suatu ilmu yang mempelajari predisposisi dari tipe tubuh manusia terhadap penyakit tertentu dan tingkahlaku khusus, seperti tingkah laku kriminal.

  1. Antropologi Budaya
Adalah cabang besar dari Antropologi yang berbeda dari antropologi fisik yang mempelajari wujud dari manusianya, sedangkan pada antropologi budaya kita mempelajari segala sesuatu yang berkenaan dengan apa yang dihasilkan oleh manusia, hal ini didasarkan karena manusia tidak hanya mempunyai kekuatan fisik/ wujud yang sebagaimana binatang melainkan memiliki akal pikiran.


Sedangkan kebudayaan sendiri adalah hasil, cipta, karya, dan karsa dari manusia.
Budi = akal
Daya = kekuatan
Yang maknanya adalah kekuatan yang berasal dari pikiran manusia.

Kebudayaan menurut Kontjaraningrat :
Seluruh dari sistem gagasan, aktivitas, serta tindakan yang merupakan hasil karya manusia yang dijadikan milik sendiri dengan belajar.

Kebudayaan menurut Ki Hajar Dewantara :
Kebudayaan adalah keseluruhan dari hasil cipata, rasa, dan karsa manusia dalam kehidupan masyarakat. Di dalamnya mengandung nilai-nilai intelektual, moral, etika dan estetika.

Unsur-unsur budaya :
  1. Sistem Religi
  2. Tradisi
  3. Sistem peralatan dan teknologi
  4. Bahasa
  5. Sistem Ilmu Pengetahuan
  6. Sistem Kekerabatan
  7. Kesenian

Referensi :
Catatan Pelajaran Antropologi SMA kelas X - XI

Kamis, 09 Februari 2012

Atlet - pencak silat, beladiri

Pencak silat merupakancabang olahraga beladiri yang digali atau warisan dari nenek moyangbangsa Indonesia. Dewasa ini pencak silat semakin populer dan semakinbanyak digemari oleh masyarakat. Pencak silat memiliki cukup banyakmanfaat antara lain untuk membela diri, kesehatan, pendidikandan prestasi.

Karate adalah olahragaberasal dari negeri MatahariTerbit, Jepang. Sebagai atlet karateka perlu adanyastamina kondisi badan yang fit. Ini perlu adanya latihan fisik yangmengarah kepada pembentukan kekuatan, kecepatan, daya tahan gunamenunjang suatu kondisi fisik yang tangguh.


Pencak silat, karate dan olahragabeladiri yang lain kini memiliki banyak cabang yang entah berapabanyak di dunia ini. Dengan di belahan dunia yang berbeda nama,ataupun memang beda gaya dari gerakan-gerakan yang ada. Namun padaintinya adalah untuk membela diridan bukan untuk menyerang orang lain, apalagi yang tak bersalah. Dan poin yang penting lagi adalah bukan untuk merusak danberperang karena permasalahankecil apalagi karena berbeda guru atau superguruan atau cabang namayang berbeda. Hal ini tidak saja merugikan masing-masing pihakdikarenakan jatuhnya korban jiwa, namun juga sebenarnya adalahmencoreng nama baik, entahitu nama baik perguruan dari pencak silat bersangkutan atau nama baiknegara di masyarakat dan di dunia internasional. Karena dengan adanyaperselisihan yang besar-besaran hingga menyebabkan meninggalnyaseseorang bukanlah memperbaiki nama baik namun memperburuknama baik.

Bukankah perdamaian, keamanan, ketentraman itulah yang selalu didambakan setiap jiwa?Bukankah memaafkan adalah lebih baik daripada perselisihan yangmenghancurkan dan mematikan? Bukankah nikmat hidup itu adalahbenar-benar kenikmatan yang harus disyukuri dengan menghargai hiduporang lain? Karena dunia bukan surga, bertindaklah semaumu, dan kauakan diminta pertanggungjawabannya kelak di akhirat. Berperilakulahyang bijak, dan tunjukkan pada dunia bahwa dirimu adalah pendekaryang profesional, bukan amatiran.


Materi Referensi :
LKS Penjas OrKes SMA XI-B Semester 2

(mengaku) Muslim? Kok merayakan Valentine?

Bismillah

Adalah sangat nyata pada pandangan saya perang pemikiran dari barat yang sangat berbahaya, pelan-pelan tapi pasti telah meracuni remaja. Ya, memang itulah sasaran utama dari mereka, yaitu ABG atau Anak Baru Gede yang masih akan melek di dunia ini, mereka (para ABG) diajari tentang yang benar dan salah dalam otak mereka entah bagaimana caranya, melalui musik, film, video, logo-logo, atau cara-cara yang lain yang banyak bertebaran di dunia ini. Sehingga menjadi tidak sadar bahwa pendapat yang mereka lontarkan sebenarnya bukanlah dari hasil pemikiran mereka, tapi dari hasil mendengar musik, melihat film/ video atau pun logo-logo yang memiliki kekuatan sihir atau hipnotis secara mulus.

Dan dari itulah perlu adanya pembimbingan, pengajaran dan pengarahan dari orang dewasa terutama orang tua, dan pesan bagi saudaraku para remaja, jika tidak tahu janganlah berpendapat dan merasa benar (dalam masalah agama). Karena sesungguhnya agama ini bukan berdasarkan pikiran dan angan-angan, ada yang tidak kita ketahui dan otak kita tidak bisa menjangkaunya, Maka bertanyalah kepada orang yang mengerti tentang hal tersebut (ahli dalam bidangnya) jika kamu tidak mengetahuinya, (seperti firman ALLAH Subhanahu Wa Ta'ala pada surat An-Nahl [16] ayat 43). Dan yang ahli dalam bidang ini (agama) bukanlah orang awam, bukan orang yang berbicara berdasar angan-angan, tetapi orang yang memiliki ilmu tentang hal ini yaitu Para Ulama' yang memiliki pemahaman yang benar (yang mengikuti ajaran Rasulnya dan para sahabat-sahabat beliau). Karena mereka berbicara berdasarkan ilmu. Bukankah lebih baik kita mengatakan tidak tahu daripada sok tahu?

Saudaraku, pada tanggal 14 Februari penuh warna pink atau merah muda yang katanya adalah hari kasih sayang. Kemudian hari beri-memberi untuk mengungkapkan kasih sayang. Tahu tidak sejarahnya wahai saudaraku? Kalau tidak, kenapa ikut-ikutan, kalaupun sudah tahu pastikan tidak ikut-ikutan karena banyak alasan yang mendasar untuk tidak merayakan. Diantaranya :

  • Bukan hari raya umat Islam 
  • “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mengetahui tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya akan diminta pertanggung jawabnya.” (QS. al-Isra’: 36). 
  • “Barangsiapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk dari kaum tersebut.” (HR. at-Tirmidzi).
  • Tidak ada manfaatnya sedikitpun
  • Orang lain bingung, apakah Anda Islam ataukah Kristen? Karena hilangnya identitas sebagai seorang Muslim. 
  • Timbulnya pertanyaan dari orang lain "Muslim? kok merayakan valentine?"
  • Dan lain-lain.
Demikian yang dapat saya tuliskan, untuk download ebook yang insyaALLAH membahas tuntas tentang Valentine day atau hari Valentine, silahkan menuju materi referensi di bawah ini. Semoga bermanfaat.

JADILAH MUSLIM SEJATI
Yang tidak asal ikut sana ikut ini
Yang tegar menempuh jalan ini
Yaitu jalan agama Islam yang suci

Wassalamu'alaikum...

Senin, 06 Februari 2012

Puisi : Terimakasih Ragaku

Di tiap aktivitas
Di tiap keadaan
Di sepanjang hayatku

Kau setia menemani
Meski kadang ku ceroboh
Hingga melukaimu
Tapi kau tak pernah mengeluh

Meski aku memaksamu
Meski kadang ku tak pedulikanmu
Tapi kau tetap setia menemaniku

Bila suatu saat nanti
Ku pergi meninggalkanmu
Aku hanya bisa mengenang
Semua tentangmu
Semua kerelaan dan ikhlasmu mendampingi hidupku

Kadang aku berfikir kau milikku
Merasa kau adalah milikku sepenuhnya
Hingga bertindak semauku
Tapi ternyata kau hanyalah titipan
Titipan yang akan dikembalikan
Kembali ke asal…
Seperti aku dan semua
Yang segalanya fana
Dan kembali kepadaNya

Ragaku…
Ku harap kau tak menyesali telah mendampingi di sepanjang hidupku
Ku harap kau tak kecewa akan segala tingkahku

Kau begitu mengagumkan
Pesonamu tak mungkin kupungkiri
Meski bukan yang terindah
Tapi sangat menakjubkan
Kesetiaanmu tak akan kulupa
Terima kasih ya Allah telah menciptakannya untuk menmani hidupku

Ragaku…
Terimakasih kuucap untukmu
Dari hatiku yang terdalam


Fikri si Pemimpi
110409 - 060212

Cara memperbarui domain dot tk

Bismillah,

Dalam rangka menindak lanjuti posting saya yang berjudul Dot.tk tidak gratis selamanya (lagi), saya menuliskan "Cara memperbarui (memperpanjang) domain dot.tk" pada posting kali ini. Kenapa saya mengatakan domain dot.tk tidak gratis selamanya lagi? karena perlunya pembaruan paling lama adalah 12 bulan atau 1 tahun. Dan setelah masa yang ditentukan habis, maka Anda harus memperbarui domain tersebut jika Anda masih menginginkan domain tersebut berlanjut menjadi milik Anda (jika tidak, maka domain menjadi milik dot.tk). Dan berikut ini adalah ketentuan dan cara memperpanjang atau me-renew domain dot.tk yang telah habis masa berlakunya alias expired.

Cek status domain :
1. Login my.dot.tk
2. Masukkan alamat email dan password
3. Klik "Domain Panel"


*Untuk mengetahui tentang apakah itu "Ambassador" silahkan klik di sini.

Di halaman domain panel inilah seluruh domain dot.tk yang kita miliki ditampilkan. Di sana ada kolom nama domain, jenis, status, tanggal pendaftaran, tanggal kadaluarsa (habis masa berlakunya) dan menu-menu edit yang lain, sebagaimana yang terlihat pada gambar di bawah ini :


Pada daftar domain saya di atas telah ada yang kadaluarsa (coba-aja.tk) yang masanya habis pada tanggal 21 Januari 2012. Untuk memperbaruinya silahkan klik "Renew".

Memperbarui domain dot.tk
Setelah Anda klik "Renew" maka akan tampil jendela kecil yang memberikan pilihan berapa lama domain tersebut ingin Anda aktifkan lagi. Yaitu berikut ini screenshotnya :



Kalau saya langsung saja tidak usah tanggung-tanggung :-), yaitu 12 bulan. (Karena memang itu paling lama, jika saja ada tanpa batas saya akan memilih tanpa batas atau selamanya, hehe. Tetapi jika domain tersebut hanya khusus untuk sementara karena alasan tertentu, saya juga akan memilih berapa bulan saja lah).

Kemudian silahkan klik "Renew", maka akan ada pemberitahuan bahwa domain telah berhasil diperbarui, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :



Kemudian silahkan Close untuk melihat daftar domain lagi dan menge-cek status domain yang telah kita perbarui masanya. Berikut ini adalah screenshotnya :



Selamat, Anda telah berhasil memperbaruinya.

Berbagi pengalaman
Sebenarnya saya tidak tahu bahwa domain saya telah habis masa berlakunya, namun ketika membuka email saya melihat ada pesan baru yang berjudul "Your domain cobain-aja.tk needs renewal" yang maksudnya kurang lebih adalah "Domain Anda cobain-aja.tk memerlukan pembaruan". Dan berikut ini adalah screenshotnya :



Dari email tersebut saya tahu bahwa :
  1. Domain saya daftarkan sejak 21 Oktober 2011
  2. Saya mendaftarkan domain tersebut (dulu) hanya untuk 3 bulan maka seharusnya telah habis sejak 21 Januari 2012
  3. Untuk menghormati saya, dot.tk telah memperpanjang hingga tanggal 6 Februari 2012
  4. Pendaftaran (pembaruan domain) paling akhir adalah sebelum jam 00.00 tanggal 7 Februari 2012 jika saya masih menginginkan domain tersebut
  5. Pembaruan adalah gratis (lagi)
  6. Pembaruan yang normal dapat dilakukan DUA MINGGU SEBELUM domain habis masa berlakunya

Untuk poin terakhir saya telah mencobanya, ketika saya mencoba untuk memperbarui domain yang masa berlakunya masih panjang ada peringatan "Pembaruan dapat dilakukan paling tidak 2 minggu sebelum habis masa berlakunya".

By the way alias ngomong-ngomong, setelah beberapa bulan yang lalu dot.tk mengganti tamppilan awalnya (halaman sebelum login), sekarang telah merubah tampilan dalamnya yaitu tampilan yang telah saya screenshot tadi, semuanya adalah tampilan baru dan entah sudah berapa hari atau minggu telah berganti tampilan. Lumayan keren dan cukup ringan (in my mind).

Selamat mencoba dan salam semangat blogging.

Review - Freemake Video Converter (software gratis)

Software gratis atau freeware (free software) adalah tetap menjadi apa yang saya cari dan saya inginkan, karena memang saya tidak punya uang untuk membeli software yang berbayar dan saya pikir memang lebih baik untuk dibelanjakan di jalan yang lain atau untuk ditabung, kalau pun entah kapan terpaksa harus membeli sebuah software yang berbayar ya harus terpaksa memberli :-). Dan dengan sebuah alasan yang prinsip pula saya mereview software gratis di blog saya ini dengan harapan semoga pengunjung blog saya dan para netter atau penyelancar di internet yang nyasar ke blog saya dapat menemukan sebuah ilmu dan manfaat bagi mereka & Anda, aamiiin.

Btw, jangan salah sangka sobat... kalau software gratis itu tidak bermutu. Saya yakin banyak para programmer entah luar atau dalam negeri Indonesia telah belajar dan terus belajar untuk membuat software gratis yang sangat bermutu dan bermanfaat bagi orang lain sebagai software alternatif, sehingga banyak freeware yang bertebaran di dunia maya (internet) saat ini yang gratis. Dan pada postingan kali ini saya akan mereview software gratis yang bermanfaat dan bermutu. InsyaALLAH software ini bisa dijadikan software favorite Anda kedepannya, kalaupun tidak ya tidak apa-apa toh masih banyak alternatif lain software video converter yang free, seperti Any Video Converter.

Namun saya tidak memaksakan untuk memakai software free kok, kalaupun sobat punya biaya alias uang dan ingin membeli, sangat saya persilahkan dan kalau berkenan silahkan berbagi kepada saya :-).

Baik, terlalu banyak kata pembuka. Berikut adalah splash screen dari software tersebut :

SplashScreen
Nama software tersebut adalah Freemake Video Converter, sedangkan kegunaannya adalah untuk mengconvert video dan yang lainnya kedalam beberapa format yang disediakan. Sedangkan freemake itu sendiri adalah nama dari developer (empunya atau pembuat) software tersebut.
Tentang Freemake Video Converter

File Input :
1. Video
2. Audio
3. DVD
4. Photo
5. Paste dari URL
6. Join File (fitur tambahan)


Hasil output dari convert yaitu :
1. Avi
2. Mkv
3. Apple (mp4)
4. Android (mp4)
5. DVD
6. Blu-ray
7. MP3
8. Youtube (online)
9. Mp4
10. Wmv
11. Swf
12. Mpeg
13. Sony (mp4)
14. 3gp
Update versi 3.0.1 tambahan hasil output
15. Flv
16. HTML5
17. Nokia
18. Samsung
19. Blackbery



File input dan hasil output sangat bervariasi dan ini tentu sangat membantu dan bermanfaat, untuk info selanjutnya tentang hal tersebut Anda bisa mengunjungi situs resminya di sini.

Dengan software ini juga kita dapat membuat slideshow, misalkan slideshow pemandangan alam. Memang yang tersedia hanya satu efek yaitu sliede pamandangan, namun ini sudah cukup bagus dan mantaplah untuk ukuran software video converter apa lagi gratis :-). Selain slideshow tersebut memiliki efek gerak, juga kita dapat menambahkan suara misalkan menambahkan suara air atau yang lainnya pada slideshow yang akan kita buat. Untuk caranya maaf saya tidak akan menuliskan, karena posting ini hanya untuk review software.Dan demikianlah review dari saya yang tidak begitu mengerti tentang software namun memberanikan diri untuk menulis review, karena hanya agar menambah kreativitas dan isi dari blog yang saya miliki.

Untuk download software tersebut silahkan klik gambar di bawah ini :

Download
Via filehippo.com

Selain Video Converter, Freemake juga membuat software gratis yang lain juga lho sob, yaitu :
1. Video Downloader
2. Audio Converter
3. Music Box

Minggu, 05 Februari 2012

Video motivasi - Cara kerja otak kita

Bismillah

Sudah lama ternyata saya tidak posting pada label video dan juga hikmah - motivasi. Nah inilah waktunya untuk berbagi video motivasi dari youtube yang bermanfaat untuk sahabat pengunjung blog. Video berikut ini adalah mengenai cara kerja otak kita dalam belajar, dan kemudian dimisalkan dengan contoh yang sangat keren, tentunya hampir sama dan mudah dipahami. Oke, berikut ini adalah videonya :

 


Semoga apa yang ada pada posting ini, terutama video tersebut dapat memberi saya dan juga Anda motivasi dan manfaat. Aamiiin.

Sabtu, 04 Februari 2012

Friendship, Best Friends & Award of a loyalty Awards [4, 5, 6]

Bismillah,

Tak disangka dan tak pernah menyangka dan tidak pernah menyangkakan diri bahwa saya mendapatkan award lagi. Ceritanya tadi mau posting award yang ke 4 dan 5 yang telah lama (sejak 1 Februari 2012) belum saya ambil karena masih sibuk utik-utik yang lain dari sahabat Setyo pemilik MENUJU SUKSES. Kemudian baru buka blog ini tadi ada komentar baru, dan saya lihat di sana ada Kang Farhan the admin of alias empunya ruanghsaring.com berkomentar dan memberi kabar bahwa ada hadiah kecil dari beliau. Nah itu adalah award yang ke 6 blog ini jadinya. Dan sekarang ceritanya jadi sama seperti yang dibilang Kang Farhan "Bulan Banjir Award" seperti yang telah Kang Farhan bilang pada tanggal 29 Januari 2012 kemarin.

Berikut ini adalah daftar award yang saya dapatkan :

Award ke 4

Award ke 5

Award ke 6


Untuk Sobat SetyoTegal saya mohon maaf jika award tersebut adalah award beruntun, tapi saya tidak bisa melanjutkan untuk kepada sahabat blogger yang lain, selain saya puyeng untuk siapa award tersebut saya juga bingung untuk siapa award tersebut. ^_^.

Dan saya ucapkan terimakasih sekali lagi kepada Kang Farhan dan sobat Setyo atas pemberian awardnya kepada saya.

Dan untuk sobat blogger semuanya saya ucapkan "Salam Semangat Blogging".

Kamis, 02 Februari 2012

Wallpaper & Screensaver Flash untuk Hp

Waktu punya hp 6300 saya sering mencari-cari tema, wallpaper dan juga screensaver untuk hp tersebut. Seperti dulu waktu memiliki hp yang juga nokia tapi bertipe 3110 classic, saya selalu browsing aplikasi, game, dan tema. Tapi sekarang tidak memiliki HP, jadi ya tidak ada yang dicari untuk masalah hp. Hanya mungkin masih perlu untuk mencari review hp atau aplikasi dan game handphone. Sekarang saya berfokus pada laptop dan untuk mengurus blog ini.

Baiklah, sudah cukup nglantur kesana-kemarinya. Tiba saatnya menuju poin utama, yaitu sharing alias berbagi. Screensaver untuk hp yang mendukung flash lite, nah kemudian screensaver flash tersebut juga bisa digunakan sebagai wallpaper untuk tipe hp tertentu (maaf saya masih tidak tahu untuk tipe-tipe hape berapa). Namun yang pasti untuk HP Nokia 6300 dan Nokia 3110 classic dapat digunakan sebagai screensaver maupun wallpaper. Mungkin sahabat pengunjung tahu ya? kalau tahu sharing juga-lah biar saya tambah ilmu dan juga sobat yang lain tahu.
Tidak perlu panjang lebar lagi, berikut ini adalah screenshot dari beberapa screensaver & wallpaper yang cantik dan keren yang akan Anda download :

Wallpaper & Scrensaver cantik untuk Hp support Flash Lite
 
Keistimewaan dari screensaver & wallpaper ini adalah ada jamnya (clock) dan sebagian besar ada tanggal dan juga hari lho sob :-) gimana keren gak tuh? keren lah. Karena memang pada posting kali ini saya berbagi wallpaper/ screensaver flash untuk hp yang khusus ada jam-nya. Dan insyaALLAH lain kesempatan saya akan posting yang tidak ada jam-nya [posting sudah terbit, lihat di sini]. Untuk download silahkan klik tombol di bawah ini :

Download
Ukuran File : 1,6 Mb

Demikian posting kali ini.
Semoga bermanfaat.


Sumber cell11.com, google.com & google.co.id 

Tentang sumber.
Sumber sebagian besar dari cell11.com, Tapi ada beberapa yang diluar dari situs tersebut. Dan saya lupa dari mana karena tidak memperhatikan saat itu dari mana saya mendownloadnya. Jadi saya cantumkan sumbernya google.com dan juga google.co.id.

Mengganti tema blog, ganti tampilan

Kali ini yuk kita santai dulu, dan saya hanya akan bercerita sedikit tentang perubahan tema pada blog saya. Sebelumnya bercerita tentang tema, saya baru kali ini merasakan begitu aktif ngeblog lagi, karena sebelumnya saya hanya sebentar-sebentar ngeblog dan insyaALLAH semoga aktivitas ini tetap berlanjut dan bermanfaat bagi saya dan juga pengunjung blog saya yang sederhana ini.

Baiklah, saatnya bercerita tentang tema.
Saya berkali-kali berganti tema, itu pasti. Karena ingin yang terbaik dan juga hati manusia itu sering berubah-ubah. Dan saya sampai lupa tema mana saja yang pernah saya pakai. Tapi paling tidak masih ada screenshot blog saya sebelumnya di situs-situs yang menyediakan pencarian web/blog yang ada.

Di sini saya hanya akan menuliskan masa perubahan tema dari sebelum tema sekarang ke tema sekarang. Dan sebenarnya saya tidak men-screenshotnya sebelum berganti, melainkan mendapatkannya dari cache atau tembolok google (baru merasa kalau google cache ternyata begitu bermanfaat). 

Dan berikut ini adalah screenshot tema sebelum tema saat ini :

Tema sebelum dirubah

Bagaimana sob temanya?
Kalau menurut saya simpel dan terlihat santai. Terlihat tidak ramai. Dan personal banget temanya :-) hahay. Ya memang kan ini blog personal, tapi tentu saya ingin terlihat sedikit profesional juga lah sebagai  blogger. Jadi akhirnya saya mencari-cari tema sambil blogwalking. Akhirnya saya menemukan tema yang cukup membuat saya terkesan. Dan akhirnya saya utik-utik dulu di blog percobaan sebelum dipasang di sini, setelah sekitar 2 hari utik-utik dan AlhamduLILLAH hasilnya cukup memuaskan, walau masih tetap perlu pembenahan di kemudian hari tapi sudah layak untuk saya jadikan tema pengganti (buktinya saya masih utik-utik sana-sini, hahay). Ya inilah tema saya sekarang sob. Oke, berikutnya adalah screenshotnya (sudah mengalami sedikit perubahan dan bisa dibandingkan dengan tema sekarang) :

Tema setelah dirubah

Nah kalau yang ini bagimana menurut sobat?
Hehe, sekali lagi sebelum Anda menjawab saya jawab dulu deh. Kalau menurut saya ini tema terlihat cukup ramai (ya ramai banget tulisannya dan juga widgetnya gara-gara saya tambah ini dan itu), tapi insyaALLAH tidak berat kok mengangkatnya, hanya saja sedikit berat. Dan terlihat sedikit profesional lah walau judul tetap menunjukkan bahwa blog ini sangat dan sangat personal.

Tentang tanggal perubahan saya lupa, yang penting adalah akhir Januari 2012 (jika dilihat dari posting yang ada yaitu antara tanggal 23 sampai 27, karena insyaALLAH setelah posting Download Ebook Antologi Puisi Renungan dan sebelum posting Kamus Bahasa Inggris - Arab untuk HP Java yang bernama Al-Morafiq itu, saya melaksanakan perubahan tema). Dan ini juga merupakan perombakan besar entah setelah saya bertahan berapa lama menggunakan tema yang di atas tadi. Walau memang saya berganti-ganti tema telah banyak entah berapa kali. Tapi yang sebelum tema saat ini adalah tema yang menurut saya cukup bertahan. Akhirnya saya ingin melakukan perubahan tema, dan juga ingin aktif lagi dalam dunia blogging dan lagi juga mengadakan perubahan label atau kategori dalam blog ini agar saya tidak puyeng dan pembacapun tidak puyeng karena saya tidak berperi-persahabatan jika membiarkan sobat pengunjung telah puyeng gara-gara mengunjungi blog saya yang puyeng dan juga memuyengkan sobat. (Waduh, sepertinya saya kena virus dari sobat Terlalu Gila nih karena saya suka dan terus mengamati -membaca- artikel-artikel beliau ). Tidak masalah, yang penting kan adalah  kreatif dan bermanfaat bagi sobat-sobat.

Demikian posting singkat kali ini. Sekarang waktunya sahabat berkomentar bagaimana perubahan tema saya ini? atau bagaimana tema saya sebelum dirubah dan tema saya yang sekarang. Sharing ya sob? saya tunggu komentarnya. (sangat berharap)

Terimakasih, dan semoga ada hikmahnya dari posting coret-coret kali ini.