Header Kanan

Semakin lama, semakin menggoda

Bismillah,
Yah, judul di atas hanya sebuah hasil keputusan dari beberapa pilihan judul yang saya pikirkan sebelumnya. Yaitu "Semakin tua, semakin bersolek", "Semakin malam, semakin gemerlap", "Semakin akhir, semakin menggoda". Yah dan yang semakna dari itu, yang intinya berkaitan dengan "fitnah" atau ujian umat Islam di akhir bulan Ramadhan kali ini.

Sebenarnya bukan masalah besar, namun cukup untuk dijadikan sebuah renungan.
Ini tentang hal kecil yang cukup menguji sebuah kekuatan istiqomah di akhir Ramadhan di tahun-tahun terakhir, khususnya tahun ini dan mungkin juga semakin menantang di tahun mendatang. Yaitu, gemerlapnya hiburan di malam-malam ramadhan khususnya di 10 hari terakhir bulan Ramadhan jelang hari Raya Idul Fitri. Apa itu? Yaitu semakin meriahnya pasar malam, yang di awal ramadhan masih sepi tak begitu ramai kemudian semakin akhir kali ini semakin ramai penjual (dan juga pembeli) di pasar malam. Bermacam-macam barang dijajakan mulai dari mainan, pakaian, makanan-minuman, tak tertinggal hiburan anak-anak dan lain sebagainya.

Apa yang salah?
Tidak ada yang salah. Di semua itu tidak ada yang salah, mereka penjual ingin meraup keuntungan yang mana di jelang hari raya banyak yang mencari barang-barang yang mungkin akan dibeli untuk keperluan untuk menyongsong hari Raya Idul Fitri.

Hanya saja, yang perlu diperhatikan waktu, yaitu waktu shalat maghrib, shalat isya', bahkan tarawihnya mungkin terlupa, tertinggal, memang sudah tidak diperhatikan. Dan semoga saya dan Anda tidak terayu dengan hal demikian, aamiiin. Semoga ALLAH memberi hidayah, dan semoga mereka ingat, juga semoga apa yang saya pikirkan tidak terlalu benar, karena mungkin saja mereka juga melakukan shalat maghrib dan isya' atau bahkan qiyamul lail juga di sela-sela kesibukannya.

Tulisan ini bukan berarti saya lebih baik dari mereka, kalian, Anda.
Hanya sebuah coretan kecil.

Wallahul musta'an.

Kediri, 27 Ramadhan 1435 H/ 25 Juli 2014 M

Posting Komentar

1 Komentar

  1. "Semoga ALLAH memberi hidayah, dan semoga mereka ingat, juga semoga apa yang saya pikirkan tidak terlalu benar, karena mungkin saja mereka juga melakukan shalat maghrib dan isya' atau bahkan qiyamul lail juga di sela-sela kesibukannya." Amin. :)

    bahkan kalau sekarang, jangankan di akhir, di awal-awal Ramadhan aja pasar malam udah ramai.
    memang dari setiap waktu, godaan semakin meningkat, jadi teringat ceramah seorang Ustadz, "Iblis/ syaithan tidak akan mati hingga hari akhir nanti, sedangkan manusia sekarang saja umurnya cuma berapa. bisa bayangkan iblis yg hidup sejak zaman nabi Adam terus berkembang biak dan tidak mati, dibandingkan manusia yang berkembang tetapi juga mengalami kematian, bisa dibayangkan berapa perbandingan jumlah iblis/ syaithan dg manusia sekarang ini, lebih-lebih lagi iblis sudah berpengalaman menggoda manusia sejak zaman Nabi Adam. Jadi, wajar jika semakin akhir godaan akan semakin menjadi-jadi"

    hi.. merinding kalau mengingat itu...

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.