Header Kanan

Transkrip: Ujian Hidup (Cobaan Hidup) - Ustadz Firanda Andirja


Bismillah,
Berikut adalah transkrip video motion graphic dengan judul Ujian Hidup (Cobaan Hidup) yang disampaikan oleh Ustadz Firanda Andirja di atas:

Beberapa renungan dan nasihat kepada orang-orang yang sedang bersedih, sesungguhnya dunia ini berisi ujian.

ۨالَّذِيْ خَلَقَ الْمَوْتَ وَالْحَيٰوةَ لِيَبْلُوَكُمْ اَيُّكُمْ اَحْسَنُ عَمَلًاۗ
Artinya:
Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya.
(Surat Al-Mulk Ayat 2)

Allah yang telah menciptakan kematian dan kehidupan buat apa? Untuk menguji mana diantara mereka yang mana amalnya yang terbaik. Karenanya seorang di atas muka bumi ini harus sadar bahwasannya dia diciptakan untuk diuji oleh Allah subhanahu wa ta'ala, maka semua orang diuji tidak ada seorang pun yang tidak diuji oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Dan kita tahu semua orang pernah bersedih atau sebagian mereka sedang bersedih, tidak ada yang pernah luput dari kesedihan dengan ujian yang bermacam-macam ada orang yang diuji berkaitan dengan hartanya ekonomi yang sulit penuh dengan utang, dililit utang. Ada orang diuji dengan badannya cacat atau sakit-sakitan atau tubuh yang tidak sempurna. Demikianlah namanya ujian beranekaragam menimpa satu dengan yang lainnya, memang berbeda-beda ada yang ujiannya sedikit ada yang ujiannya banyak, tetapi semua orang diuji oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Dan siapapun orangnya mau kaya atau miskin pasti diuji, sebagaimana sering saya sampaikan bukan hanya orang miskin yang diuji, orang kaya para pejabat para penguasa mereka juga diuji, mereka juga bersedih. Betapa sering kita melihat foto seorang pejabat yang mungkin tersenyum dalam foto tersebut namun kita lihat senyumannya penuh dengan keterpaksaan, dibalik senyuman tersebut dia menyimpan banyak penderitaan. Oleh karenanya siapapun orangnya di dunia ini pasti diuji, pasti diuji! Baik orang yang sholeh maupun yang tidak sholeh, terlebih lagi Allah menjanjikan orang-orang yang beriman dengan ujian yang lebih berat, kata Allah subhanahu wa ta'ala:

الم
أَحَسِبَ النَّاسُ أَن يُتْرَكُوا أَن يَقُولُوا آمَنَّا وَهُمْ لَا يُفْتَنُونَ
وَلَقَدْ فَتَنَّا الَّذِينَ مِن قَبْلِهِمْ فَلَيَعْلَمَنَّ اللَّهُ الَّذِينَ صَدَقُوا وَلَيَعْلَمَنَّ الْكَاذِبِينَ

Artinya:
1. Alif Lam Mim
2. Apakah manusia dibiarkan mereka berkata, "Kami telah beriman," sementara mereka tidak diuji?
3. Dan Sungguh Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka. agar Allah tahu mana yang imannya benar dan mana yang imannya dusta.
 
Apakah kalian akan menyangka akan masuk surga sementara belum datang kepada kalian ujian yang pernah menimpa orang-orang sebelum kalian, mereka ditimpa dengan penderitaan dengan kesusahan, diguncang oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Jadi orang beriman justru dijanjikan ujian oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Maka Imam Ahmad ditanya, "Kapan seorang beristirahat?" kata Imam Ahmad, "Sampai dia menginjakkan kakinya di surga baru dia istirahat". Oleh karenanya kita harus sadar bahwasanya dunia ini isinya adalah ujian!.

Kediri, 7.47 WIB. 9 Rojab 1444 H / 31 Januari 2023

Posting Komentar

0 Komentar