Header Kanan

Apakah nomor resi? dan apa fungsinya?

Bismillah,

apa itu resi - karyafikri.blogspot.com

Pembukaan
Alhamdulillah, setelah posting berjudul "jual hardisk eksternal..." mejeng di blog ini selama tiga hari akhirnya ada yang membeli. Ya, tepatnya kemarin pagi saat waktu berjalan (terasa) melambat karena saya sedang santai bercengkerama dengan adik-adik. Tiba-tiba ada nomor baru menelepon ponsel saya, saya beri jeda sambil bergumam, "hem... siapa ya ini...?" (seperti biasanya). Beberapa detik kemudian adik bilang, "sana diangkat, siapa tahu penting". Langsung saya pergi ke kamar untuk mengangkat telepon tersebut dan bla bla bla, ternyata pembeli :-). Dari ternate, setelah terjadi tawar-menawar alhasil mendapatkan kesepakatan. Dan dari sini waktu (terasa) berjalan berlari, uang berhasil ditransfer oleh sobat pembeli dan konfirmasi, lalu saya mengepack hardisk, ke belakang (beol, hehe), mandi dan berangkat naik motor mercury untuk memaketkan hardisk dari tiki-JNE kota ini ke Ternate. [btw thanks]

Isi
Maaf melantur sedikit-agak-banyak. Lalu apakah nomor resi itu? Dan apa fungsinya? Pertama, resi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah tanda terima secara tertulis (tentang surat, paket, uang kiriman). Lalu, apakah fungsi dari nomor resi ini? saat sobat mengirim / memaketkan barang ke suatu tempat, maka sobat akan mendapatkanr resi, nah pada resi tersebut terdapat nomor unik (biasanya 13 sampai 20 angka) yang terletak di bawah bar-code [lihat contoh]. Nah, fungsi dari nomor tersebut adalah untuk melacak keberadaan barang yang dikirim (saat ini ada di mana) dan juga sebagai bukti pengiriman barang dari penjual untuk pembeli.

Saat sobat menggunakan jasa JNE, maka sebagai contoh cara melacaknya adalah sebagai berikut :
  • Dapatkan nomor resi terlebih dahulu [untuk contoh adalah jika Anda menggunakan jasa JNE silahkan lihat nomor resi pada surat resi yang diberikan oleh karywan JNE. Jika Anda adalah penerima barang, maka mintalah nomor resi kepada penjual atau pengirim barang tersebut].
  • Silahkan menuju jne.co.id
  • Masukkan nomor resi pada kotak berjudul "Trace & Tracking"
  • Klik Search
  • Tuliskan Captcha
  • Klik Search
  • Maka akan tampil tabel data barang dengan nomor resi yang Anda masukkan (pengirim, penerima, status atau tempat barang berada)
Penutup
Yups, demikian tentang resi, nomor resi, dan fungsinya. Semoga ini bermanfaat bagi sobat. Meski jujur, ini adalah pertama kalinya saya mengirim barang melalui JNE, namun sebelumnya saya pernah tahu cara menerima paket dengan JNE (menemani kakak :-)). Yah, sepetinya prosedur pengiriman lebih mudah dan cepat daripada via kantor pos.

Oke, untuk materi referensi - baik gambar maupun artikel - sobat bisa melihat link di bawah ini :

Posting Komentar

32 Komentar

  1. asikkkkkkkk....ni infonya cakep bgt...baru tau yg beginian, terasa lebih aman kirim2 beli2 pesan2 barnag dari t4 yang jauh...

    BalasHapus
  2. Heheheh,,, akhirnya tahu fungsi nio resi dini
    Maklum GapTek Gan, makasih infonya

    BalasHapus
  3. Rin's :yups tapi tetap harus waspada :-)
    Abdul : hehe :-) sama
    Media : sama2 sobat... thanks @semua

    BalasHapus
  4. oh iya, nomer resi ato tracking yak?
    kalo yang sering kirim2 barang pasti tau lah

    BalasHapus
  5. yups... nomor resi yang dibuat nge-track (tracking) barang paketan

    BalasHapus
  6. owh,,, jadi begitu min?
    thanks 4 the share dech min.

    BalasHapus
  7. kalo barangnya keblasuk n nggak bisa di traking gimana masbro?
    padhl katya dah nyampek
    ayoloh

    BalasHapus
  8. hehe
    thanks nmbah pengetahuan hehe :D

    BalasHapus
  9. rivai : what??
    Silahkan mikir ndiri... :p

    mereka profesional, n ada n0mer hp pengirim n penerima...

    Silahkan nyolot :-)

    @semua thanks

    BalasHapus
  10. Untung hardisk terjual jadi tahu manfaat nomor resi.
    Kunjungan perdana sob saya undang sobat untuk singgah di blog reot saya...

    BalasHapus
  11. begitu ya, nyimak lagi deh

    BalasHapus
  12. Herman : thanks
    Bagus : yups sob... thanks
    Tabuh : silahkan

    BalasHapus
  13. wah, info ini sangat membantu bagi saya yang belum megirim paket ke oran lain..
    thanks

    BalasHapus
  14. kunjungan perdana ..mampir juga ditempat saya yaa... follow sukses.. follow back yaa

    BalasHapus
  15. ane pernah pake JNE bang., padahal yg paket reguler(3 hari nyampe),.. gk twnya barangnya nympe seminggu.. -_-"

    BalasHapus
  16. baru tau ane, slama ini ga mikir ampe situ..
    hehhe

    salamgan :)

    BalasHapus
  17. aku juga pernah pakai jne memang lebih aman barangnya
    saya kapok pernah pakai yang murah tapi malah barang gak sampai
    wah baru tahu saya soal trace and tracking gitu malahan

    BalasHapus
  18. AHP : sip lah :-), sama2
    sudonlod : hoho, begitu... tapi aman kan :-)hehe
    sebar berita : salam, :-)
    Dedaunan Hijau : barang gak sampai, hikz...

    BalasHapus
  19. iya gak sampai, padahal bukan cuma 1 dus malah
    banyak dus besar punya kakak aku
    dah gitu pas di konfirmasi malah gak jelas
    kapok se kapok kapoknya

    BalasHapus
  20. wah laku berapa hardisnya gan., ane juga lagi nyari nie. tapi terus terang lagi ga ada duit, hehehhe. bulan depan kali ya. habis gajian. hehehe

    BalasHapus
  21. :-)
    about 250...
    hoho.. begitu ya sob...
    ya moga ja bisa bulan depan setelah gajian sob :-)

    BalasHapus
  22. Saya sering menemukan nomor2 begini, tapi ga kepikiran hihi, nice info sob

    BalasHapus
  23. Muro'i : hoho, okelah sob.... sipp

    BalasHapus
  24. bermanfaat info nya sob,saya bru tau nih apa itu no resi..:D

    BalasHapus
  25. thanks gan bermanfaat sekali baru tahu soalnya klo di ig jual beli ada yg minta no resi tapi ane gk ngerti baru ngerti thanks:)

    BalasHapus
  26. Terima kasih informasinya. Saya sering kirim-kirim pakai JNE

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.