Header Kanan

COD (Cash On Delivery), alternatif transaksi jual beli online

Bismillah,
cod (cash on delivery), alternatif jual beli online
Ilustrasi Cash on Delivery
Sumber gambar : jayonexpress.com
COD adalah singkatan dari Cash On Delivery. Yaitu pembayaran dilakukan setelah barang diterima atau mudah bilangnya merupakan jual-beli secara langsung. Di sini ada 2 jenis dari COD, yaitu :
  1. Layaknya jual-beli offline, penjual dan pembeli bertemu di suatu tempat yang disepakati, mencari kesepakatan atau tawar menawar, jika menemui kesepakatan untuk melanjutkan jual-beli maka transaksi pemberian barang dan pembayaran akan dilakukan di tempat tersebut. Namun jika tidak terjadi kesepakatan atau ketidakcocokan, maka transaksi bisa dibatalkan (sesuai perjanjian sebelum bertemu). COD jenis pertama ini biasanya dilakukan oleh penjual individu atau bukan toko offline.
  2. Berbeda dengan yang pertama, untuk jenis COD yang kedua ini tidak bisa dibatalkan. Dan pengirim barang bisalah penyedia jasa/ layanan COD atau pegawai dari penjual (tidak harus penjual barang terjun ke lapangan untuk mengirim). COD jenis ini biasa dilakukan oleh toko offline yang juga membuka toko online di internet, yang mana toko tersebut sudah maju dan memiliki kurir atau pun karyawan yang siap untuk mengirim barang dalam satu wilayah (atau sekitarnya), sedangkan pembeli hanya menunggu datangnya barang di rumah dan menyiapkan uang untuk pembayaran barang yang dipesannya.

COD menjadi alternatif transaksi jual-beli online yang disukai pembeli. Karena pembeli dapat melihat barangnya secara langsung, transaksi aman dan jauh dari penipuan. Layaknya transaksi online, ia juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kekurangan/ kerugian tersebut :

  • Jangkauan tidak luas (hanya satu wilayah atau daerah sekitarnya saja).
  • Mengeluarkan biaya, tenaga, atau waktu yang lebih (bagi penjual atau juga pembeli).

Perhatian! Posting ini adalah pendapat pribadi penulis, yang diikutsertakan pada blogger contest bertema e-business  oleh Universitas Nusantara PGRI Kediri.


Sekian yang dapat saya tulis. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. COD memang cara aman dalam jual-beli gan.. jauh dari tipu2.
    salam hangat dari saya..
    udah lama ga komeng disini.

    BalasHapus
  2. selamat berkontes ria ya..semoga sukses selalu, dan hadiahnya bisa di COD kan :)

    BalasHapus
  3. fokus kita :
    yups benar
    iya nih sob... :)

    Blogs of hariyanto :
    haha bisa saja...

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.