Header Kanan

Hikmah meletusnya gunung Kelud 13-14 Februari 2013

Bismillah,
Alhamdulillah, semoga sholawat dan salam tetap tercurahkan kepada Nabi Muhammad sholallahu 'alaihi wassalam. Telah kita ketahui bersama bahwa pada malam 13 Robiul Akhir 1435 Hijriah atau 13 Februari 2013 Masehi, pada sekitar pukul 11.00 WIB gunung kelud mengalami erupsi atau meletus.

Berita terus bergulir hingga kini, abu vulkanis yang mencuat dari gunung tersebut hingga 200juta kubik. Dan hikmah dibalik menyebarnya abu tersebut bahkan hingga ke jawa tengah dan jawa barat adalah tersebarnya abu vulkanis sehingga tidak akan menumpuk di wilayah sekitar gunung kelud saja. Dapat kita bayangkan bagaimana jika abu vulkanis yang kini sudah tersebar ke banyak wilayah pulau jawa bahkan Bali dan Madura hanya menumpuk pada Kediri, Blitar atau Tulungagung saja? Mungkin karisidenan Kediri akan menjadi lautan abu! Subhanallah dan Alhamdulillah, ALLAH benar Maha Adil dan semua ini adalah atas kehendak dan izinNYA.

Lagi, dibalik hikmah meletusnya gunung kelud adalah tanda kepatuhan makhluk kepada Penciptanya yaitu gunung yang patuh kepada ALLAH dimana hal itu terjadi atas kehendak dan izinNYA. Selain daripada itu, ini juga sebagai pengingat kepada manusia betapa kecilnya manusia, betapa lemahnya manusia, dan betapa butuhnya manusia kepada Pencipta.

InsyaALLAH masih banyak hikmah yang dapat ambil dari kejadian ini. Hanya sekian yang dapat saya tuliskan, semoga saja dapat menjadi renungan untuk diri saya dan kita semua. Aamiiin.

- Hanya sebuah coretan kecil dari seorang hamba yang kurang ilmu -

Posting Komentar

3 Komentar

  1. ya, dengan menyebarnya abu vulkanis ini, setidaknya kita sedikit merasakan apa yg orang2 kediri dan sekitarnya...
    walau saya yg dari Surabaya tidak sampai mengungsi seperti saudara2 kita di sana, tetapi setidaknya dg penyebarannya sampai Surabaya mengingatkan kita bahwa sebenarnya kita masih beruntung, bisa dibayangkan bagaimana saudara kita di sana? di sini aja abunya sampai seperti ini...

    BalasHapus
  2. yang sabar ya, rumahmu gimana Fik baik baik sajakah?
    abunya sampai jogja juga niy tebel lagi

    BalasHapus
  3. JIM: yups sob

    Dedaunan: yups, dari kabar yang saya tahu sepertinya jogja lebih tebal dari Kediri.
    Tapi Alhamdulillah aman semua rumah dan kediri, meski ada yang bocor sebagian atap rumah

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.