Header Kanan

Membahas tentang jenggot

Bismillah,
Ya, mungkin sebagian orang atau kebanyakan orang berpikir bahwa jenggot itu tidak menarik. Atau tak tahu alasan kenapa sebagian orang Islam tidak mencukurnya. Untuk muslim yang tahu hal ini, tentu tak akan menjadi bingung kenapa harus? kenapa tidak dipotong atau dicukur saja? tetapi bagi sebagian umat Islam itu sendiri orang yang berjenggot tergambar adalah orang yang seram, kaku, atau bahkan ekstrem. Yah, mungkin karena dalam beberapa kasus karena ada yang seperti itu tetapi tidak semua bahkan itu hanya sebagian kecil. Sedangkan mereka yang ekstrem adalah mereka yang terlalu bersemangat dalam jihad tetapi tidak mempelajari dengan benar arti dari jihad itu sendiri, maka mereka terperosok dalam kesalahan yang fatal.

Nah kembali ke jenggot, sebenarnya bukan alasan abal-abal untuk orang yang menjaga jenggotnya. Karena itu adalah sebuah keharusan bagi setiap orang yang mengaku Islam dan cinta kepada Nabi akhir zaman yaitu Nabi Muhammad sholallahu 'alaihi wassalam untuk memelihara jenggot (bagi laki-laki). Lalu dimanakah kita tahu kok harus memelihara jenggot untuk seorang muslim (orang Islam laki-laki)? Rasulullah sholallahu 'alaihi wassalam bersabda:

انْهَكُوا الشَّوَارِبَ وَأَعْفُوا اللِّحَى
Potonglah kumis dan peliharalah jenggot.” (HR. Bukhori & Muslim)

Dan masih banyak lagi hadits yang menjelaskan tentang hal itu (dapat Anda baca di link referensi pada akhir tulisan ini). Selain dari itu, jenggot juga memiliki manfaat lain yang insyaALLAH bermanfaat untuk orang yang memiliki jenggot dan memeliharanya, antara lain:
  1. Pelindung dari sinar matahari
  2. Mencegah serangan asma
  3. Memperlambat penuaan
  4. Melawan batuk
  5. Mencegah ruam kulit
  6. Tambah ganteng, ups bukan bercanda ya ini beneran loh. Meski ada yang berpikir tidak praktis, hanya menyusahkan, risih, atau alasan dan pemikiran lain. Untuk yang berpikir risih jangan berpikir seperti itu dulu coba dulu beberapa lama nanti akan terbiasa :-).
  7. Lain-lain dan itu insyaALLAH dapat sobat cari di referensi-referensi online.
Selain dari memelihara jenggot adalah bagian dari fitrah. Dimana Rosululloh telah bersabda:


عَشْرٌ مِنْ الْفِطْرَةِ قَصُّ الشَّارِبِ وَإِعْفَاءُ اللِّحْيَةِ وَالسِّوَاكُ وَاسْتِنْشَاقُ الْمَاءِ وَقَصُّ الْأَظْفَارِ وَغَسْلُ الْبَرَاجِمِ وَنَتْفُ الْإِبِطِ وَحَلْقُ الْعَانَةِ وَانْتِقَاصُ الْمَاءِ قَالَ زَكَرِيَّاءُ قَالَ مُصْعَبٌ وَنَسِيتُ الْعَاشِرَةَ إِلَّا أَنْ تَكُونَ الْمَضْمَضَةَ
Ada sepuluh macam fitrah, yaitu memotong kumis, memelihara jenggot, bersiwak, istinsyaq (menghirup air ke dalam hidung,-pen), memotong kuku, membasuh persendian, mencabut bulu ketiak, mencukur bulu kemaluan, istinja’ (cebok) dengan air.” Zakaria berkata bahwa Mu’shob berkata, “Aku lupa yang kesepuluh, aku merasa yang kesepuluh adalah berkumur.” (HR. Muslim no.261, Abu Daud no. 52, At Tirmidzi no. 2906, An Nasai 8/152, Ibnu Majah no. 293)

Sebenarnya hanya ingin menulis ringan dan singkat, namun hasilnya cukup banyak namun tak apa semoga Anda tak bosan membacanya. Nah, untuk menutup tulisan ini saya hanya ingin berbagi gambar yang bagus dan menukil kata-kata indah dari seorang Muslim luar negeri yaitu Dr. Bilal Philips yang mana saya mendapatkannya dari halaman Facebook beliau:

Sunnah menjaga jenggot/ membiarkan tumbuh
Memelihara jenggot/ membiarkannya tumbuh
Bersamaan dalam posting gambar tersebut beliau menuliskan:
The Sunnah of the Prophet (pbuh) indicates that it is obligatory to let the beard grow. It was narrated in al-Saheehayn that the Prophet (pbuh) said: “Cut the moustache and let the beard grow; be different from the mushrikeen.” (al-Bukhaari, al-Libaas, 5442; Muslim, al-Tahaarah, 382) 

Sunnah Nabi (sholallahu 'alaihu wassalam) menunjukkan bahwa adalah wajib untuk membiarkan jenggot tumbuh. Diriwayatkan dalam al-shahih Bukhari dan Muslim bahwa Nabi (sholallahu 'alaihu wassalam) mengatakan: "Potong kumis dan biarkan jenggot tumbuh; selisihi orang-orang musyrik "(Al-Bukhari, al-Libaas, 5442, Muslim, al-Tahaarah, 382).

Yups, dan yang lebih indah adalah kalimat yang ada pada gambar tersebut yaitu:

Jika kamu berpikir jenggot itu tidak menarik.
Lalu pikirkan tentang Nabi Muhammad sholallahu 'alaihu wassalam.
Beliau adalah ciptaan yang paling indah dan beliau memiliki jenggot.

Sekian coretan ringan kali ini,
Semoga bermanfaat untuk sobat sekalian, khususnya saudara seiman.

Referensi (ada baiknya dibaca semua):

Posting Komentar

2 Komentar

  1. saya cuma tau tentang hadits pertama aja dan masih dalam proses memelihara jenggot...
    dan juga baru kali ini tau tentang manfaat-manfaat yg disebutkan, Alhamdulillah nambah ilmu

    BalasHapus
  2. JIM: Alhamdulillah, semoga dapat istiqomah saudara :-)
    Sebenarnya intinya kita harus mengikuti sunnah rosul dulu, tentang manfaat (jika ada) itu adalah bonus bagi kita karena telah mau menjalankannya, insyaAllah.

    Kan yang perlu mengikuti :-)
    Kalaupun tak ada manfaatnya kita harus tetap mengikuti sunnah (kebiasaan) rosul. Tapi Alhamdulillah, setiap yang diperintahkan Allah & Rosul pasti bermanfaat bagi kita.

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.