Header Kanan

Arti kata: Geming, Bergeming, Tergeming

Bismillah,
Berawal dari membaca, kata geming dan bergeming sepertinya tak jarang saya temukan baik ketika membaca sebuah coretan, cerita singkat, atau cerpen di dunia maya. Dari kalimat yang dimaksud saya menangkap bahwa arti dari geming atau bergeming adalah "bergerak" atau "bicara" sehingga jika dikatakan: "Aku tak bergeming", saya memahaminya dengan arti "Aku tak berbicara" atau "Aku tak bergerak".

Dan itu sudah merasuk pada otakku arti dari bergeming adalah seperti itu. Dan sempat saya menggunakan kata itu ketika menulis di blog entah kapan dan tentang apa, dan diingatkan oleh seseorang bahwa arti bergeming adalah diam saja/ tidak berkata/ tidak bergerak. Kemudian saya melihatnya di KBBI online*, dan benarlah apa yang dikatakannya dan jika saya menggunakan kata "Aku tak bergeming" maka arti sebenarnya adalah "Aku tidak diam saja" atau menjadi "Aku tidak tidak bergerak sedikitpun" karena arti geming atau bergeming adalah diam saja atau tidak bergerak sedikitpun. Sedangkan arti tergeming adalah terdiam.

Dan mulai dari saat itu, saya menyadari selama ini saya salah mengartikan arti geming dan bergeming. Juga, apakah saya yang salah atau yang saya baca juga salah, entahlah. Intinya coretan ringan kali ini adalah kita harus cek dulu ke sumbernya ketika kita tidak mengetahui sesuatu, sedangkan pada kasus ini kita harus belajar bahasa Indonesia bahkan hanya arti kata jika tidak tahu silahkan membuka KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) jika tidak punya silahkan buka situs resminya atau beberapa situs karya individu yang menggunakan database resmi dari kemdikbud (contoh: kbbi.web.id).

Sekian, semoga saja bermanfaat bagi saya dan Anda.
Maaf kurang lebihnya.

Referensi:

Posting Komentar

2 Komentar

  1. iya sob, seringkali saya menemukan banyak kesalahan dalam pemaknaan tersebut di berbagai artikel, dan terkadang saya juga mengingatkannya

    BalasHapus
  2. Iya sob, bagaimana bisa begitu ya :-)
    Dan saat itu sobatlah lah yang mengingatkann saya :-)
    Terimakasih kunjungan, komentar dan sapaannya :)

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.