Header Kanan

Distro linux yang mudah digunakan dan ringan untuk laptop Anda

Bismillah,
Distro linux yang mudah digunakan dan ringan untuk laptop Anda - karyafikri.blogspot.com
Distro linux yang mudah digunakan dan ringan untuk laptop Anda

Lama tidak menulis di blog ini tentang komputer / laptop, pada kesempatan ini saya akan membahas tentang linux lagi... yang sebelumnya pernah juga menulis "Distro ringan untuk netbook", sedangkan kali ini saya akan menulis ringkas tentang distro linux yang user-friendly dan tidak berat digunakan untuk laptop Anda.

Sebelumnya yang perlu sobat ketahui saya bukanlah orang yang sudah berkecimpung lama atau orang yang sangat mengetahui tentang linux, tetapi saya hanyalah orang yang masih belajar dan masih sering menggunakan windows dan tulisan ini hanyalah sekedar berbagi dan berharap semoga saja bisa menjadi referensi untuk sobat yang ingin bermigrasi atau pindah sistem opoerasi dari windows atau yang lainnya menuju sistem operasi gratis khususnya linux dan masih bingung mau memilih distro linux mana yang kiranya bisa dipertimbangkan untuk digunakan, karena sangat banyaknya distro linux yang ada saat ini.

Jika pada sebelumnya Lubuntu dan Xubuntu adalah saya sarankan untuk digunakan pada netbook, untuk posting kali ini akan berbeda meskipun keduanya juga dapat digunakan untuk laptop bahkan laptop menjadi terasa sangat ringan dan cepat tetapi dengan tampilan apa adanya. Jadi itu adalah pilihan mau tampilan yang sederhana saja atau mau tampilan lebih bagus tetapi tetap ringan.

Karena saya belum banyak mencoba distro linux, maka yang saya sarankan adalah yang sudah saya coba sebagaimana pada posting sebelumnya juga berdasarkan pengalaman saya yang sangat terbatas. Pada postingan ini saya hanya memberikan satu saran penggunaan distro Linux Mint untuk digunakan di laptop sobat, selain karena tampilannya cukup bagus, memiliki beberapa efek buka jendela - tutup jendela yang bagus, dan tampilan yang bisa dibilang modern tetapi selain itu juga cukup cepat dalam proses hidup-mati laptop dan proses lainnya.

Kenapa linux mint? memang sebelumnya saya pernah mencoba Ubuntu, tampilannya tidak kalah menarik tetapi terbilang agak kaku dan sedikit lebih berat dibandingkan dengan Linux Mint. Oh iya, Linux Mint memiliki 4 versi desktop yaitu: Cinnamon, Mate, Xface, dan KDE. Untuk sobat yang ingin tampilan lebih menarik dan modern silahkan pilih Cinnamon atau Mate sedangkan yang menginginkan lebih ringan KDE atau Xface yang memiliki tampilan lebih sederhana sehingga lebih ringan dijalankan seperti halnya Xubuntu yang lebih ringan dari Ubuntu. Sedangkan yang saya gunakan adalah Linux Mint versi Cinnamon - 18.2 Sonya

Keunggulan atau kelebihan lain Linux Mint adalah tersedia dalam versi 32bit dan juga tersedia 64bit-nya jadi bisa menyesuaikan dengan arsitek prosesor sobat. Berikut adalah tampilan depan Linux Mint yang saya gunakan saat ini:

Tampilan depan linux mint - karyafikri.blogspot.com
Tampilan depan linux mint - karyafikri.blogspot.com
Tampilan depan linux mint + start menu - karyafikri.blogspot.com
Tampilan depan linux mint + start menu - karyafikri.blogspot.com

Untuk sobat yang minat download Linux Mint silahkan langsung klik langsung web http://linuxmint.com/ kemudian klik download atau klik di sini.

Linux mint saat ini adalah distro nomor satu yang populer berdasarkan web DistroWatch.com untuk sobat yang ingin tahu tentang distro-distro dan ranking distro linux silahkan saja kunjungi DistroWatch dengan klik di sini.

Sekian sharing kali ini, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Sip, sudah 3 tahun ini pindah ke linux mint setelah sempat setia sama elementry os

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke gan sip... kalau elementary saya malah belum pernah

      Hapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.