Header Kanan

Dzikir setelah Sholat

Bismillah,

Pertanyaan :
Assalaamu'alaikum
Ustadz, saya mau tanya. Bagaimana sih cara dzikir yang benar setelah shalat, yang sesuai dengan sunnah Nabi. terima kasih atas jawabannya.

Wassalaamualaikum

Jawaban:
Wa'alaikum salam warahmatullah wabarakatuh

Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- telah mengajarkan kita bagaimana berdzikir setelah sholat fardhu. dan diantara cara dzikir yang disunnahkan adalah :

- Mengeraskan suara ketika membaca dzikir setelah sholat fardhu. hal ini didasari oleh hadits dari Ibnu Abbas -rodhiyallahu 'anhu- berkata :

كان رفع الصوت بالذكر حين ينصرف الناس من المكتوبة على عهد النبي صلى الله عليه وسلم، قال: وكنت أعلم إذا انصرفوا بذلك إذا سمعتهم


Artinya : "Mengeraskan suara dalam dzikir ketika orang-orang telah selesai menunaikan sholat fardhu pada zaman Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam-. berkata : aku mengetahuinya ketika mereka telah selesai (melaksanakan sholat fardhu) dan aku mendengarnya (suara dzikir)." (HR Bukhori)

- Dzikir sendiri-sendiri tanpa ada yang memimpin. bahwa pada zaman Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- dzikir itu dilaksanakan sendiri-sendiri dan dengan suara keras sebagaimana hadits diatas, dan tidak dilakukan dengan satu suara dengan seorang yang memimpin dzikir tersebut. [untuk masalah lebih rinci jahr dan sir dzikir setelah sholat silahkan kunjungi posting berikut.]

Untuk bacaan dzikir yang diajarkan oleh Rasulullah silahkan kunjung beberapa link berikut (pilih salah atau beberapa untuk perbandingan atau memantapkan pengetahuan):
1. Tata cara Dzikir Nabi Setelah Sholat
2. Dzikir dan doa setelah sholat fardhu
3. Keutamaan dzikir dan 9 contoh dzikir setelah sholat

Demikian, semoga bermanfaat.

Sumber utama.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. terimakasih atas informasinya sobat

    BalasHapus
  2. Lama tidak mampir nih sob

    BalasHapus
  3. ternyata dzikir memang dianjurkan ya
    jadi lebih tahu banyak niy
    linknya juga lengkap banget
    dan banyak ilmu yg bisa dibaca disana

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.