Header Kanan

Mengenal kabel USB OTG (On The Go)

Bismillah,


Apa sih kabel OTG itu? berikut ini adalah pembahasan ringkas tentang kabel USB-OTG.

Kabel OTG (on the go) karyafikri.blogspot.com
Contoh kabel OTG

Pengertian USB-OTG
Kabel USB-OTG atau kabel Universal Serial Bus - On The Go, kabel ini memberi fitur baru pada smartphone yaitu mempermudah kita dalam mentransfer data dari smartphone ke sebuah perangkat lain melalui kabel USB OTG, namun tidak semua perangkat android mempunyai fitur tersebut, untuk memakai fitur tersebut beberapa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Fungsi USB-OTG
Fungsi utama kabel OTG adalah untuk menghubungkan perangkat smartphone/ tablet yang Anda miliki baik bersistem operasi Android, Windows phone atau yang lainnya dengan perangkat lain misalnya mouse, keyboard, flashdisk atau yang lainnya.

Namun pada praktiknya kabel ini banyak digunakan untuk memindai data dari flashdisk atau media penyimpan lainnya kepada perangkat smartphone/ tablet, sehingga sebagian orang hanya mengetahui bahwa kabel OTG berfungsi untuk hal itu saja.

OTG di Android
Seperti saya singgung dalam pengertian USB-OTG, bahwa tidak semua kernel Android support dengan kabel USB-OTG. Sekali lagi bukan perangkatnya, namun kernel yang ada pada perangkat tersebut. Sehingga tidak perlu bingung jikalau mungkin pada perangkat yang Anda miliki tidak dapat mendeteksi kabel OTG.

Sedangkan untuk perangkat android dengan kernel support  kabel OTG, sebagian masih memerlukan pihak ketiga yaitu aplikasi untuk menerima media penyimpan sedangkan untuk mouse dan keyboard tidak perlu pihak ketiga (langsung mendeteksi secara otomatis dan dapat langsung dijalankan).

Sekian untuk mengenal tentang kabel USB-OTG, khususnya untuk perangkat Android. Sebagai saran, jika Anda ingin membeli kabel OTG baiknya Anda mencoba dulu atau browsing dulu untuk mengetahui perangkat Anda support dengan OTG atau tidak mengingat tidak semua perangkat dapat mendeteksi kabel OTG tersebut.

Referensi:
- tabslate.in
- maxiandroid.blogspot.com/2012/06/usb-otg-android.html
- afh4mz.blogspot.com/2012/12/cara-pakai-kabel-otg-di-android.html

Posting Komentar

0 Komentar