Header Kanan

Pentingnya membackup driver pc/ laptop

Bismillah,
Sumber gambar : starchau.blogspot.com

Tentu sudah kita ketahui bahwa driver berperan penting untuk sebuah perangkat teknologi yang kita sebut komputer atau laptop. Karena tanpa adanya driver, piranti keras yang terpasang tidak ada gunanya atau paling tidak tak akan berjalan sebagaimana mestinya. Sebagai contoh saat kita menginstal windows (baik vista, xp, seven atau yang terbaru) kita akan mendapati tampilan yang besar dan tidak memuaskan atau audio (suara) yang juga tidak optimal, dan banyak yang lainnya. Nah disitulah pentingnya driver, agar piranti keras yang terpasang pada komputer/laptop dapat berjalan sebagaimana fungsinya.

Dari itulah, kita harus menjaga atau menyimpan dengan baik sebuah driver. Nah salah satu solusi adalah meng-copynya pada CD, hardisk atau flashdisk yang sekiranya tidak akan terhapus atau yang kita sebut dengan mem-backup. Dan sepertinya kita sudah melewati zaman CD, karena kini CD sudah tidak banyak digunakan (walau di beberapa kasus tetap diperlukan). Karena flashdisk dan hardisk external telah banyak beredar dengan harga yang bisa dibilang semakin miring. Selain tidak sekali pakai, insyaALLAH daya tahan atau umur dari sebuah penyimpanan berbentuk flashdisk atau hardisk (internal dan external) adalah lebih panjang dibandingkan kepingan CD. Oke, agar tidak jauh kita melantur, langsung saja berikut ini adalah tips-trik membackup driver :
  1. Saat membeli sebuah perangkat (baik laptop, printer, dan yang lainnya) pastikan bersama dengan barang tersebut ada sebuah CD yang disebut driver (kecuali yang memang tidak ada drivernya, misalkan flashdisk). Simpan baik-baik CD tersebut, dan sebelumnya silahkan mencopy semua file dalam CD tersebut ke komputer/laptop Anda baik dengan mencopy manual atau menggunakan CD burner. (Jika Anda mengcopy manual (copy-paste biasa), taruh hasil copy-an pada sebuah folder kemudian arsipkan menggunakan zip atau 7zip atau winrar agar aman dari virus, karena file berekstensi .exe rentan terhadap virus).
  2. Tak perlu ragu membackup driver laptop, tak perlu tanggung-tanggung. Backup semua agar nanti ketika CD hilang/ rusak kita akan dapat merasakan betapa pentingnya membackup sebuah file (termasuk driver).
  3. Jangan membackup pada satu media, jika Anda memiliki laptop dan juga hardisk-eksternal atau media lainnya yang dapat digunakan untuk membackup, silahkan backup pada media-media tersebut. Karena jika sewaktu-waktu salah satu media tidak dapat digunakan maka kita tidak perlu repot-repot mencari kesana-kemari, walaupun kemungkinan sebentar browsing dan beberapa menit download sudah mengatasi masalah tersebut. Namun bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? dan tidak membuang waktu, tenaga, uang untuk mencari driver yang hilang. Tapi jika ingin mencari ya banyaklah bertebaran itu driver di dunia maya :), begitu pula blog mungil ini saya dedikasikan untuk sobat yang membutuhkan driver yang hilang, walau jauh dari sempurna.

Mungkin hanya 3 poin tersebut yang paling penting, dan untuk yang lainnya Anda tahu apa yang Anda butuhkan.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Yah... saya gak tau, dulunya langsung beli, lagian second pula.. hehe. Baiklah, barangkali nanti saya bisa ganti yang baru akan saya ingat betul2 ^^

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.