Header Kanan

Telinga berdenging terus (Tinitus), bagaimana cara menyembuhkannya?

Bismillah,
Bulan lalu entah kurang atau lebih, saya merasakan telinga berdenging kiri dan kanan. Sebenarnya hal biasa yang kadang saya alami, namun untuk saat itu ada yang membuatnya berbeda alias aneh. Karena terasa lama, dan lebih lama, bahkan bisa berhari-hari, minggu dan seterusnya.

Kemudian saya cari solusi dengan cara bertanya kepada "Mbah Google", dan dijawab katanya "Kamu sakit tinnitus nak!".
Saya tidak tahu apa itu tinnitus, sehingga dengan muka polos saya tanya Mbah Google lagi, "Tinnitus itu apa sih mbah?"
Mbah jawab dengan penuh ilmu, "Tinnitus itu adalah telinga berdering, berdesir, atau jenis suara yang tampaknya berasal di telinga atau kepala. Dalam banyak kasus itu bukan masalah serius, melainkan gangguan yang akhirnya menghilang. Namun kadang, tinnitus dapat mewakili kondisi kesehatan yang serius."[1].

Oh ternyata begitu, jadi yang saya alami tinnitus. Di sana ada beberapa macam tinnitus, yaitu berdesir, berdenging, suara detak jantung, atau yang lainnya. Sedang yang saya alami adalah berdenging. Dan itu cukup mengganggu, bahkan saya tutup telinga tambah terasa dingingnya ^_^. Lalu saya terus bertanya-tanya Mbah Google bagaimana cara mengatasinya[2], dan ternyata banyak sekali jalan baik secara alami atau dengan obat herbal atau yang lainnya :-).

Di awal mengalami hal tersebut tentu merasa sangat tergannggu, kalau di siang mungkin tak terasa karena banyak suara sehingga terlupa dengan keramaian. Kalau di malam mulai terasa, masih baik ketika ada suara jangkrik kalau tidak ada suara apa-apa yang ada hanyalah bunyi "ngiiing" di telinga. Dan Alhamdulillah, entah mulai kapan saya sembuh dari tinnitus. Jadi seperti yang dikatakan Mbah Google mungkin itu akan segera hilang atau tanda kesehatan yang serius, semoga saja saya adalah opsi yang pertama.

Dari kejadian tersebut, saya akan share apa yang saya lakukan untuk mengatasi tinnitus yang saya alami. Berikut rinciannya:
  • Pada awal mengalami, karena merasa sangat terganggu saya mencari-cari artikel tentang tinnitus dan mencari solusinya.
  • Langkah kedua, berhubung saya menggunakan hp Android maka saya mencari aplikasi di play store menggunakan kata "Tinnitus" dan di sana ada beberapa aplikasi yang berisi tentang artikel tinnitus dan juga aplikasi yang membunyikan bermacam-macam suara untuk menyamarkan bunyi "ngiiing" pada telinga. Yaitu seperti bunyi air mengalir, suara radio "ngosos" :-), dan lain-lain yang itu mungkin lebih baik dan lebih nyaman dari bunyi ngiiing.
  • Setelah bosan dengan langkah kedua, saya mencari solusi lain. Karena saya telah membaca untuk mengurangi minum kopi dan teh (kebetulan sebelumnya sering sekali minum walau tidak setiap hari), dan juga untuk banyak-banyak makan pisang.
  • Alhamdulillah, entah beberapa hari atau minggu setelahnya saya sembuh dari tinnitus. Entah karena karena langkah ketiga itu atau bukan atau memang sudah saatnya sembuh, pokoknya saya sangat senang dan bersyukur.

Kenapa saya bisa lupa berapa lama dan kapan saya sembuh dari Tinnitus (tinitus)? karena saya tak mau terlalu menghiraukan bunyi ngiiing di telinga :-) meskipun awalnya sangat terganggu. Lalu kemarin lusa saya teringat tentang hal itu dan saya cek sepertinya sudah tak terjadi lagi. So? Alhamdulillah, dan semoga tulisan acak-acakan kali ini dapat menambah pengetahuan, atau membantu untuk sobat yang sedang mengalami dan semoga saja segera sembuh.

Sumber:
[1] wikipedia dengan sedikit perubahan

Posting Komentar

5 Komentar

  1. wah, belum pernah mengalami deh ini kayaknya...

    BalasHapus
  2. wah aku juga mengalaminya kadang kadang, kalo orang jawa katanya 'ada yang sedang membicarakan kita' hehe siapa ya

    dengan makan pisang bisa ya, padahal aku jarang banget minum teh apalagi kopi loh
    tapi kalau berdenging tidak selama itu sih dan sembuh dengan sendirinya
    oke semoga sehat selalu ya

    BalasHapus
  3. JIM: Yah semoga tidak sob :-)

    Dedaunan Hijau: Bukan itu, kalau itu saya juga sering tetapi hanya sekilas kan? kalau ini lama sekali bisa berhari2, minggu bahkan bulan tanpa henti :-) itu bedanya tinnitus dengan "ngiing" biasa

    aamiiin, terimakasih

    BalasHapus
  4. saya terkena tinnitus sudah 6 bulan ini. mengganggu sekali dan sulit konsentrasi. saya lagi terapy suara wuss dari applikasi stop tinnitus, berhenti kopi dan teh, makan pisang. mudah mudahan sembuh

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.