Header Kanan

Mengganti aplikasi mms.apk dengan mms.apk mod pada perangkat Huawei G600 (U8950-1)

Bismillah,
Setelah beberapa waktu mendalami tentang oprek-oprek perangkat ini (huawei G600) ternyata cukup banyak yang bisa dilakukan untuk mengganti aplikasi-aplikasi bawaan yang ada dan untuk sementara saya tetap menyarankan untuk tidak mengganti ROM perangkat ini. Nah pada kesempatan ini saya akan berbagi kepada sobat cara mengganti aplikasi sistem untuk melakukan pesan baik sms maupun mms yang sering disebut sebagai mms.apk dan seperti itulah nama apk-nya pada folder aplikasi sistem.

Sebenarnya tidak terdapat masalah jika menggunakan aplikasi perpesanan bawaan, tetapi ketika Anda menginginkan sesuatu yang lain maka hal ini perlu dilakukan baik menggunakan mms.apk mod atau modifikasi ataupun memilih aplikasi perpesanan yang ada di Google PlayStore. Sedangkan di sini saya akan berbagi aplikasi mms.apk versi mod untuk mengganti mms.apk stock atau aplikasi bawaannya.

Berikut adalah langkah-langkahnya:
  1. Pastikan perangkat Anda sudah diroot, jika belum baca tutorialnya di sini
  2. Download file Mms.apk mod-nya di sini, atau di sini
  3. Jangan lupa ucapkan Bismillah terlebih dahulu
  4. Untuk sobat yang sudah biasa oprek Android tidak perlu saya terangkan silahkan menggunakan file eksplorer apa saja yang Anda suka. Sedangkan untuk sobat yang baru belajar tentang root dan oprek-oprek saya sarankan menggunakan aplikasi pengatur file bernama ES Explorer (silahkan baca ulasan dan download di sini) dan jangan lupa aktifkan fasilitas "Penjelajah Root" kemudian izinkan akses superuser-nya, berikut caranya:
    Cara mengaktifkan fasilitas penjelajah root pada ES Explorer (karyafikri.blogspot.com)
    Screenshot cara mengaktifkan fasilitas Penjelajah Root
    1. Kemudian silahkan menuju folder root dengan menekan menu "/" pada bagian atas nama folder, silahkan masuk folder system/app.
    2. Cadangkan terlebih dahulu aplikasi mms.apk hal ini untuk menghindari kegagalan atau kekecewaan ketika ada kesalahan atau ketidak cocokan dan ketika mengganti sebuah aplikasi sistem biasakan untuk mencadangkan sebelum mengganti aplikasi tersebut. Setelah Anda sudah berada pada folder system/app silahkan cara nama file "Mms.apk", seperti berikut:
      Backup mms.apk bawaan (karyafikri.blogspot.com)
      Backup mms.apk
      1. Jika sudah menemukannya silahkan tap dan tahan lama, sampai muncul tanda centang pada bagian kanan nama aplikasi. Lalu silahkan Copy atau Salin (menu ini terdapat di pojok kiri-bawah)
      2. Kemudian silahkan menuju memori internal atau eksternal dan silahkan simpan pada folder mana saja yang sobat inginkan dan ini mungkin suatu saat dibutuhkan tetapi jika tidak hanya untuk berjaga-jaga
      3. Lalu silahkan copy file Mms.apk yang sobat download di atas ke dalam folder system/app tadi
      4. Setelah itu silahkan reboot atau restart perangkat sobat (untuk langkah ini hanya jika diperlukan, jika aplikasi "Perpesanan" sudah tampil maka tidak perlu melakukan reboot)
      5. Selesai, Alhamdulillah :-).
      Dan berikut ini adalah screenshot hasilnya:
      Screenshot hasil penggantian mms.apk dengan mms.apk mod Huawei G600 (karyafikri.blogspot.com)
      Schreenshot hasil penggantian mms.apk dengan mms.apk mod

      Selain emoji, Anda juga mendapatkan fasilitas tambahan seperti yang dapat Anda lihat pada screenshot di atas pada bagian Extra Settings.

      Tutorial ini berdasarkan pengalaman pribadi, apk diambil dari sebuah thread dari forum xda-developer (cek di sini untuk mendapatkan tema lain dan diskusinya), saya memilih tema standar karena ini yang lebih baik menurut saya. Untuk Anda yang ingin tema lain silahkan download pada lampiran thread tersebut yang versi CM9, karena CM10 adalah jellybean.

      Aplikasi ini tidak hanya untuk perangkat Huawei G600, tapi juga berlaku untuk ICS lain, JellyBean, custom rom CM7, CM9, CM10 dan lain-lain.

      Sekian share kali ini, semoga bermanfaat.

      Posting Komentar

      0 Komentar