Header Kanan

(verifikasi alamat) PIN Google Adsense

Bismillah,
Alhamdulillah, akhirnya PIN verifikasi Google Adsense sampai di alamat rumah ayah & ibu saya (bukan rumah saya). Setelah dalam masa penantian yang panjang dan penuh dengan rasa yang bercampur (khawatir, sedih, suka dan duka ^_^), alangkah bahagia akhirnya PIN itu sampai dengan selamat. Oh, ternyata benar bagai menerima surat cinta dari Google, hehe.

Saya mendaftar Google Adsense pada awal Februari 2012. Dan menunggu  dengan cemas selama 14 hari (dua minggu) seperti yang telah saya tuliskan pada posting sebelumnya yang berjudul "(akhirnya) Diterima google adsense". Di sana (masa penerimaan) tidak ada kabar dari Google Adsense melalui email bahwa saya diterima, namun iklan  muncul begitu saja pada tanggal 24 Februari 2012.

Setelah munculnya iklan tersebut saya senang bercampur bingung, apakah benar google adsense saya diterima. Akhirnya berjalan-jalan dan menyusuri sambil menunggu sesuatu, akhirnya terjawab bahwa ternyata benar sudah diterima namun harus menungu PIN Verifikasi. Dan berjalan-jalan di blog Kang Farhan menemukan posting berjudul "Mendapatkan kiriman PIN Google Adsense" di sana Kang Farhan menuliskan kebahagiaan dan juga beberapa penjelasan tentang surat cinta dari Google tersebut. Maka dari itu saya juga akan berbagi sedikit tentang Google Adsense dan PIN verifikasi ini.

Kenapa harus dikirim melalui pos?
Pertama kali tahu bahwa akun saya ditangguhkan, saya kaget serta bingung. Namun saya mencoba untuk tenang dan melihat penjelasan dari google adsense. Dan dijelaskan bahwa saya telah mencapai ambang untuk verifikasi alamat rumah dan verifikasi ini dilakukan dengan cara Google mengirim surat cinta melalui kantor pos (bukan email). Berikut ini screenshot penangguhan tersebut :


Setelah tahu bahwa ternyata dalam masa penantian (menunggu) pin verifikasi, maka saya sudah tenang namun tetap cemas karena menunggu surat cinta dari google itu. Oke, kenapa harus melalui pos, tidak email saja?
  • Cara paling ampuh untuk memastikan bahwa Anda adalah manusia alias bukan robot (seperti yang dikatakan Kang Farhan)
  • Cara paling ampuh untuk memastikan bahwa Anda adalah pemilik akun Google adsense tersebut
  • Karena ini cara paling ampuh, maka tidak akan diragukan lagi. Dan setelah PIN ini datang, Anda sudah bisa bernapas lega karena sudah tidak perlu lagi menunggu sesuatu. Hanya perlu menambah penghasilan :-). Namun tetap harus waspada, karena google tidak tidur setelah ini, kita tetap diawasi jadi harus tetap berhati-hati agar tidak dipecat (dibanned) oleh Google Adsense.


Memasukkan PIN Verifikasi
Setelah mendapatkan surat cinta tersebut, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan kode (PIN) tersebut ke kotak yang disediakan oleh google adsense yaitu setelah login akun Google Adsense silahkan sobat klik "Perincian lebih lanjut" atau "Detail" penghasilan akhir (lihat gambar di atas), maka Anda akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini :


Kemudian klik "Silahkan masukkan PIN Anda" dan masukkan PIN pada kotak yang disediakan seperti di bawah ini :

Berhati-hatilah dalam memasukkan PIN, karena hanya dibatasi maksimal 3 kali salah memasukkan. Jika Anda salah memasukkan selama 3 kali maka PIN tersebut akan hangus dan akun Anda akan ditangguhkan (lagi).

Berhasil (selesai)
Setelah memasukkan PIN dan berhasil maka Anda akan dialihkan ke halaman "setelah akun" Anda. Dan selamat Anda berhasil memverifikasi alamat Anda pada google adsense.

Pusat Bantuan Google Adsense
Untuk sobat yang ingin tahu atau mengenal google adsense lebih dalam silahkan mengunjungi pusat bantuan google (dalam bahasa indonesia) silahkan klik di sini.

Sekian
Semoga saja coretan ini bermanfaat
Salam semangat & semoga sukses selalu


*****

Rasanya tidak lengkap jika saya tidak mengupload foto surat cinta dari google tersebut (meski saya memfotonya menggunakan kamera laptop, hehe). Jadi saya akan melampirkan di sini (anggap saja ini lampiran).

Sampul Depan

Sampul Belakang

Bagian Dalam


Posting Komentar

8 Komentar

  1. ane kemari lagi gan, untuk membaca baca lagi. dulu ga ngerti sekarang mau ga mau harus ngerti :D

    BalasHapus
  2. aku udah aktivasi pin GA, tapi ko iklan belum muncul jg ya?
    perlu waktu brp lama c utk muncul iklan setelah aktivasi PIN?

    BalasHapus
  3. Ery :
    maaf sobat ery saya tidak tahu, karena saya sebelum aktivasi (verify) PIN iklan sudah muncul dan sampai dapat PIN iklan tidak berhenti muncul... jadi muncul terus...

    maaf tidak bisa membantu

    BalasHapus
  4. ane kagak di approve GA... pusing ane mau gmn skrg sob :(

    BalasHapus
  5. waah, kl ane masih jauh bgt ($ 3,34).

    BalasHapus
  6. Untuk menambah semangat ngblog, ane akan klik GA ente.
    Klik balik ya...

    BalasHapus
  7. makaih bgt gan... trnyta smcm ini ya

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.