Header Kanan

Diterima Google Adsense

Bismillah,
Alhamdulillah, akhirnya kabar yang ditungg-tunggu telah terjawab dan dengan hasil yang sesuai dengan harapan. Yaitu blog Fikri si Pemimpi telah diterima di jaringan iklan Google Adsense, ya sebagai publisher :-). Dan merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya untuk diterima dan dapat memasang iklan Google Adsense di blog yang berbasis personal ini.

Dulu, sebelum Google Adsense menerima (support) bahasa Indonesia saya pernah mendaftarkan blog ini tanpa memasang artikel bahasa Inggris sedikitpun dan dengan modal isi blog yang terlalu acak-acakan dan mungkin tidak bermutu. Dan tentu saja hasilnya dapat diperkirakan, yaitu DITOLAK dan dipersilahkan mendaftar lagi (tentunya setelah membenahi kualitas blog).

Dan setelah Google Adsense support bahasa Indonesia di hati ada rasa senang dan juga biasa atau tidak senang dan tidak sedih :-D. Tapi akhirnya saya berpikir dan ingin mencoba untuk mendaftar lagi (pikir saya kan sudah support bahasa Indonesia). Pastinya persentase untuk diterima bertambah dari sebelumnya.

Kemudian saya mencoba mendaftar, dan ternyata di sana tidak ada bahasa Indonesia. Alhasil, saya bingung bukan main. Katanya sudah support bahasa Indonesia tapi kok tidak ada bahasa Indonesianya? Kemudian saya bertanya-tanya kepada teman-teman blogging dan juga chat di bisnis online pinggiran :-) guna bertanya tentang hal tersebut berdasarkan pengalaman mereka. Dan mereka semua berkata bahwa bahasa Indonesia telah ada, ya memang ada katanya. Dan kemudian saya bingung, saya mencari berkali-kali tidak menemukan. Dan akhirnya saya berpikir untuk mencoba mendaftar dengan email lain (yang belum pernah didaftarkan google adsense), dan hasilnya beda! Dengan tujuan yang sama namun formulir telah beda, ya di sana ada bahasa "Indonesia" nongkrong dengan keren sekali dan membuat saya senang. Namun saya tidak tenang di situ dan tidak langsung mendaftar, karena dengan email yang berbeda tentu membuat saya bingung, jadi saya mencoba lagi mendaftar dengan email yang lama. Dan hasilnya tetap seperti yang tadi.

Namun, akhir cerita saya membulatkan tekat untuk mendaftar dengan email yang lama. Dan berpikir "Katanya sudah support bahasa Indonesia, tapi bahasa Indonesianya di sini tidak ada ini pasti karena dulu email ini pernah saya daftarkan dan ditolak. Jadi apa salahnya untuk mencoba lagi, toh pasti para pe-review blog tahu bahwa sebenarnya saya ingin memilih bahasa Indonesia tapi tidak ada. Kan sudah support bahasa Indonesia masak langsung ditolak?" haha pikirku. Dan akhirnya setelah mengisi formulir pendaftaran saya mendapatkan email pemberitahuan bahwa "Surat Lamaran" telah diterima dan silahkan untuk memasang kode iklan di blog saya, namun belum diterima penuh karena harus melalui masa review oleh tim google adsense untuk menentukan apakah blog "pantas" atau "tidak pantas" mendapatkan google adsense, dan waktu tersebut tertuliskan 4 hari kerja.

Setelah membaca email tersebut, saya menuju dashboard google adsense untuk memasang kode iklan di blog saya. Ya, seperti yang dikatakan bahwa "area iklan akan putih" atau "blank" sama seperti tema blog, dan selama berhari-hari area kosong di sidebar blog saya terlihat jelas :-). Hari demi hari berlalu, tak terasa 4 hari terlampau, seminggu, seminggu lebih.... dan.... sekitar dua minggu telah berlalu.

Saya selalu memantau email, entah itu inbox ataupun spam yang masuk untuk waspada adakah berita dari google adsense Namun tidak ada juga, dan akhirnya pada hari ini (24 Februari 2012) tepat 14 hari -dua minggu- saya melihat ada yang berbeda di sidebar blog saya ketika mengunjungi blog untuk melihat komentar para sobat. Dan ternyata itu adalah iklan google adsense telah muncul, di sana sudah tidak putih kosong lagi. Alhamdulillah, senangnya hatiku saat mengetahuinya dan sampai saat ini saya masih senang bukan main :-). Yups, tapi ini bukanlah akhir perjuangan, bahkan ini masih awal perjuangan saya :_).

Ketika saya melihat iklan itu sudah muncul, saya masih bingung. Sebelumnya di email tidak ada laporan bahwa "Lamaran" telah diterima di Google Adsense. Dan saya memastikan lagi, membuka email dan mengecek dengan hati-hati di inbox dan spam  dan lagi ternyata benar tidak ada yang terlewatkan bahwa tidak ada email dari google adsense tentang berita ini. Dan saya berkesimpulan bahwa kalau diterima google adsense apakah dengan secara diam? hanya menampilkan iklan saja, atau masih menulis surat "Penerimaan Lamaran" hahaha, entah ya. Tapi yang pasti kalau ditolak langsung ada email, karena tidak mungkin iklannya muncul :-D.

Wah tidak terasa ya ternyata tulisan saya ini banyak sekali, ngelantur kesana kemari, inilah tanda bahwa saya sangat senang dan terlalu senang untuk mendapatkan apa yang disebut google adsense. Dan saya masih kurang tahu tentang hal tersebut maka di tulisan ini pasti dan tentu terlihat istilah-istilah yang aneh bagi para blogger ataupun webmaster karena bahasa yang saya tulis adalah bahasa yang tidak umum dipakai. Maka dari itu saya membutuhkan banyak pelajaran dan pelajaran dan juga pelajaran lagi dari para sobat yang telah mengetahui dan berpengalaman dalam bidang ini :-).

By the way, saya online tadi pagi sudah sekitar jam 8 lebih, dan melihat itu juga langsung melotot mata saya dan hati terasa senang, bagai terbang. huft lebay. Kemudian saya melihat buku tamu, di sana sudah ada sahabat yang selalu setia mengunjungi dan mensupport blog ini setiap ada waktu luang (wah hampir setiap waktu, setiap hari) yaitu sobat Jejak Puisi. Di sana beliau berkata "kunjungan pagi sob... mantap, akhirnya GA-ny dah muncul y sob... sukses selalu... " dan langsung saya membalas dengan senang hati serta melihat jam kunjungan sobat Jejak Puisi di blog ini, ternyata masih terlalu pagi dan sangat pagi yaitu jam 04.07. Jadi? entah ya jam berapa yang penting adalah saya senang dan saya bersyukur atas berita bahagia ini. Berikut ini screenshot-nya :

Klik gambar untuk memperbesar.


Dan akhirnya, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh sobat yang telah berkunjung, berkomentar, blogwaking, mendukung atau mensupport selalu blog coretan saya ini :-).

Semoga sobat sukses selalu.
Dan tetap semangat blogging.

Posting Komentar

11 Komentar

  1. Waah asik selamat ya.. btw saya begitu juga sob. tidak ada pemberitahuan dengan email.. tapi kata teman saya yang begituan akan di banned beberapa minggu. apa itu benar? dan apa sekrang udah dapat email diterima penuh ama gioogle adsense?


    mohon di balas ya sob :)

    BalasHapus
  2. Kini Aku Tau :
    Tidak benar sob, karena saya sampai sekarang masih jalan GA-nya...
    bahkan saya menunggu 10$ untuk mendapatkan "surat cinta" yang akhirnya datang juga...

    jadi kalau iklan dah muncul itu sama artinya diterima, tapi belum ada verifikasi...

    BalasHapus
  3. Waahh begitu yaa.. Alhamdulillah.. soalna saya begitu juga.. saya sudah daftar dan ada pnghasilan beberapa dolar. tapi belum dapat email diterima penuh.. katanya itu sih review kedua.

    jadi nanti kalau udah dekat 10 olar bakal dikasih email ya? wah makasih banyak ya infonya :)

    BalasHapus
  4. oyaa jadi sampai sekarang udah berapa lama ya?

    BalasHapus
  5. Bukan email sob, tapi surat (lewat pos). silahkan lihat postingan saya :
    http://karyafikri.blogspot.com/2012/04/verifikasi-alamat-pin-google-adsense_24.html

    BalasHapus
  6. Selamat sob, saya sudah coba dua kali tuk menyatakan cinta ke GA tetapi ditolak mentah2 ,,,,

    BalasHapus
  7. Sama lah ama Oboy,dah 2 kali ditolak 'setengah mateng' heeee

    BalasHapus
  8. wah.. selamat ya sob.. semoga bertahan..
    saya belum nyoba pake email yg baru..
    kemaren nyoba pake yg lama langsung disabled,
    lupa gimana daftarnya dulu,
    wkwkwkwkwk

    padahal blog udah 6 bulanan nih, mau nyoba2 daftar juga achhhh...

    BalasHapus
  9. mau dong tips N triknya biar di approve sama google adsense.. :)

    BalasHapus
  10. info yg asik untuk disimak, tapi berbeda kasus dengan sy. waktu itu pas postingan kelima selesai di publish, muncul pemberitahuan dari google kurang lebih isi nya: silahkan menggunakan/ memasang adsense di blog..untuk blog yg ada adsense ini memang awalnya saya memilih bahasa inggris sebagai opsi standar..namun saya memanfaatkan blogger yg membolehkan kita membuat puluhan blog dengan satu email saja..sukses buat GA nya, Bro!

    BalasHapus
  11. gan kalau bisa bagi tips yang jitu supaya Blogg bisa di A[prove Adsense.

    ane barusan di Tolak :(

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan komentar.
Kritik & Saran. Terimakasih atas kehadiran dan juga ukiran jejak Anda.