Header Kanan

Atlet - pencak silat, beladiri

Pencak silat merupakancabang olahraga beladiri yang digali atau warisan dari nenek moyangbangsa Indonesia. Dewasa ini pencak silat semakin populer dan semakinbanyak digemari oleh masyarakat. Pencak silat memiliki cukup banyakmanfaat antara lain untuk membela diri, kesehatan, pendidikandan prestasi.

Karate adalah olahragaberasal dari negeri MatahariTerbit, Jepang. Sebagai atlet karateka perlu adanyastamina kondisi badan yang fit. Ini perlu adanya latihan fisik yangmengarah kepada pembentukan kekuatan, kecepatan, daya tahan gunamenunjang suatu kondisi fisik yang tangguh.


Pencak silat, karate dan olahragabeladiri yang lain kini memiliki banyak cabang yang entah berapabanyak di dunia ini. Dengan di belahan dunia yang berbeda nama,ataupun memang beda gaya dari gerakan-gerakan yang ada. Namun padaintinya adalah untuk membela diridan bukan untuk menyerang orang lain, apalagi yang tak bersalah. Dan poin yang penting lagi adalah bukan untuk merusak danberperang karena permasalahankecil apalagi karena berbeda guru atau superguruan atau cabang namayang berbeda. Hal ini tidak saja merugikan masing-masing pihakdikarenakan jatuhnya korban jiwa, namun juga sebenarnya adalahmencoreng nama baik, entahitu nama baik perguruan dari pencak silat bersangkutan atau nama baiknegara di masyarakat dan di dunia internasional. Karena dengan adanyaperselisihan yang besar-besaran hingga menyebabkan meninggalnyaseseorang bukanlah memperbaiki nama baik namun memperburuknama baik.

Bukankah perdamaian, keamanan, ketentraman itulah yang selalu didambakan setiap jiwa?Bukankah memaafkan adalah lebih baik daripada perselisihan yangmenghancurkan dan mematikan? Bukankah nikmat hidup itu adalahbenar-benar kenikmatan yang harus disyukuri dengan menghargai hiduporang lain? Karena dunia bukan surga, bertindaklah semaumu, dan kauakan diminta pertanggungjawabannya kelak di akhirat. Berperilakulahyang bijak, dan tunjukkan pada dunia bahwa dirimu adalah pendekaryang profesional, bukan amatiran.


Materi Referensi :
LKS Penjas OrKes SMA XI-B Semester 2

Posting Komentar

0 Komentar