Header Kanan

Lupa Password (root) Linux Ubuntu

Bismillah

Tak terasa lama sekali saya tidak menggunakan Linux Sabily di laptop jadul saya. Dan malam ini saya harus menggunakannya untuk memakai laptop tersebut untuk dibenahi sebelum dipakai. Karena di dalam laptop tersebut ada dua Sistem Operasi yaitu Windows XP dan Linux Sabily (Ubuntu) 10.10.

Dan karena lama tersebut, saya telah lupa password root yang dulu saya tuliskan. Kemudian saya langsung online untuk mencari solusi dari masalah tersebut. Dan Alhamdulillah ternyata solusi tertemukan dengan mudah dalam bahasa Inggris yang berjudul "How to reset your password in Ubuntu" yang kurang lebih artinya "Bagaimana mengatur ulang (memperbarui) password di Ubuntu Anda (saya juga)" hehe. Dan setelah saya baca ternyata sangat singkat dan mudah, kemudian langsung saja coba dan ternyata berhasil. Yups linux sabily adalah linux ubuntu, jadi caranya sama persis.

Dan berikut ini adalah caranya :
1. Hidupkan Komputer/laptop Anda
2. Saat booting ada menu, pilih yang ada tanda kurungnya (recovery mode) kemudian tekan Enter. Terlihat seperti gambar di bawah ini :

3.   Telah masuk ke "recovery mode" pilih yang paling bawah yaitu "root" kemudian tekan Enter. Seperti terlihat pada gambar di bawah ini :

4. Ketikkan "ls /home" (tanpa tanda petik) kemudian Enter.
5. Ketikkan "passwd username" (tanpa tanda petik, dan username adalah username Anda --> misalkan susan seperti contoh di atas) Kemudian tekan Enter.
6. Masukkan password baru, kemudian Enter.
7. Masukkan password lagi (sama, sebagai verifikasi), kemudian Enter.
8. Berhasil, dan terakir ketik "Exit", terakhir kemudian Enter.

Demikian sharing kali ini.
Semoga bermanfaat & salam sukses.


Sumber :

Posting Komentar

0 Komentar